9 Langkah dan Info Cara Mengawinkan Burung Kenari yang Baik
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Budidaya Burung Kenari merupakan peluang usaha yang sangat bagus saat ini, namun sebelumnya harus Kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara mengawinkan kenari dengan benar agar mendapatkan bibit yang unggul karena hal ini memang kunci awal dari sebuah usaha budidaya Burung Kenari yang mutlak di lakukan. Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ukuran tubuh kecil dan juga warnanya yang beraneka ragam, kelebihan lain pada Burung ini adalah merupakan salah satu jenis Burung yang memiliki suara yang sangat nyaring. Dengan kelebihan yang dimilikiBurung Kenari tentunya akan memikat para kicau mania sehingga menjadikannya Burung peliharaan.

Langkah-Langkah Mengawinkan Burung KenariMemang dalam cara mengawinkan kenari ini tidaklah semudah seperti mengawinkan Ayam, perlu dengan kesabaran dan juga kejelian. Dalam mengawinkan Burung Kenari ini tentunya sangat mudah bagi yang sudah berpengalaman, dan sangat sulit untuk pemula.Saat ini untuk membudidayakan Burung Kenari masih terhambat dengan sulitnya mengawinkan Burung Kenari, karena sebelumnya harus di persiapkan terlebih dahulu induk yang siap untuk di kawinkan. Sebelum memilih induk yang unggul tentunya Kita sudah dapat membedakan antara Burung Kenari jantan dan betina. 

Jika sudah mendapatkan indukan untuk pejantan dan betina selanjutnya perlu di persiapkan kondisi fisik dan mentalnya dengan baik. Fisik dan mental adalah kunci utama berhasilnya mengawinkan Burung Kenari, dan keduanya harus sempurna. Apabila salah satu belum terpenuhi maka perkawinan belum dapat di lakukan.Sampai saat ini Burung Kenari menjadi Burung yang paling diminati di pasaran, dengan pengamatan pribadi yang saya lakukan Burung Kenari sangat ramai di salah satu pasar hewan dan tanaman hias (PASTY) yang ada di Yogyakarta. Harga untuk Burung mungil yang memiliki warna dan suara indah tersebut sangat stabil karena memang peminatnya yang tidak surut. Dengan hal itu semua tentunya akan membuka sebuah peluang usaha untuk membudidayakan Burung Kenari, namun sebelumnya Kita akan mempelajari bagaimana cara mengawinkan kenari dengan secara benar.

Baca Pengetahuan Terkait   Penyakit Kenari Malnutrisi dan Cara Pencegahannya

Untuk itu di bawah ini akan saya jelaskan secara singkat dan padat bagaimana cara mengawinkan Burung Kenari dengan mudah,namun sangat efektif untuk menuju keberhasilan budidaya Burung Kenari.

Siapkan 2 ekor Burung Kenari jantan yang sudah siap untuk di kawinkan, umur yang cukup dan kondisi fisik yang baik. Menyiapkan 2 ekor Burung Kenari jantan ini bertujuan sebagai cadangan, apabila pejantan satu tidak mau kawin maka gunakanlah cadangannya.

  1. Lebih baik tidak menempatkan induk jantan dan betina dalam 1 kandang, gunakan penyekat/pemisah atau gunakan 2 kandang berbeda lalu dekatkan. Hal ini bertujuan untuk pendekatan sehingga mereka mau berjodoh.
  2. Jika sepasang Burung Kenari sudah berjodoh maka dapat di tandai dengan sang pejantan yang aktif gacor/ngeroll dan di respon oleh sang betina dengan merunduk-runduk seperti siap di naiki pejantan. Tanda lain pada masa ini sang betina akan mencari bahan untuk membuat sarang dan juga kloakanya yang berubah menjadi merah dengan sedikit membengkak.
  3. Jika poin 3 di atas sudah tercapai maka selanjutnya adalah menyatukan kedua induk tersebut, caranya adalah pindahkan pejantan dari sarangnya dan masukkan kedalam kandang induk betina. Biasanya setelah di masukkan sepasang Burung Kenari ini langsung kawin.
  4. Jika setelah menyatukan kedua induk (poin no 4) namun tidak langsung kawin, dapat di pancing dengan penjantan lain (pejantan cadangan), letakkan kandang pejantan lainnya di dekat kandang sepasang kenari yang akan di kawinkan. Cara ini adalah untuk membuat induk jantan agar ofensif untuk segera menaiki induk betina untuk kawin.
  5. Apabila sepasang Kenari ini sudah kawin, jangan langsung di pisahkan lagi. Biarkan sampai sekitar 1 jam karena pada masa ini biasanya akan terjadi 2-3 kali perkawinan.
  6. Jika sudah membiarkannya selama kurang lebih 1 jam maka selanjutnya pisahkan kedua pasang induk tersebut, hal ini bertujuan agar keduanya tidak saling melihat. Bisa menggunakan penutup kandang dan membukanya jika akan di dekatkan (di kawinkan)
  7.  Ulangi langkah-langkah di atas sampai sekitar 3-4 hari, dan pisahkan sang induk jantan dari induk betina sampai sang induk betina bertelur.
  8. Jika sang induk betina sudah bertelur maka akan segera mengerami telurnya, tunggu pengeraman sampai telur menetas.
  9. Waktu yang paling bagus untuk mengawinkan Burung Kenari adalah pada pagi hari, dan sang pejantan dapat di kawinkan dengan induk betina lainnya pada saat malam hari.