Apa Yang dimakan Capung ?
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Semua capung adalah predator, baik dalam tahap siklus hidup dan dewasa mereka. Mereka makan terutama pada serangga lainnya. Capung adalah pemburu yang efisien dan efektif, baik di tahap larva akuatik maupun tahap dewasa terestrial.

APA YANG BIASA CAPUNG MAKAN ?

Sebagai serangga dewasa, capung memakan serangga hidup lainnya. Mereka bukan pemakan pilih-pilih. Mereka akan memakan serangga yang bisa mereka tangkap, termasuk capung lainnya. nyamuk merupakan sebagian besar makanan mereka, tapi capung juga akan memakan lalat, lebah, kumbang, ngengat, kupu-kupu, dan serangga terbang lainnya.

Semakin besar capung, semakin besar serangga mangsa yang bisa dikonsumsi (termasuk capung dan damselflies lainnya). Seekor capung akan memakan kira-kira 15% berat tubuhnya sendiri di mangsa setiap hari, dan spesies yang lebih besar dapat dengan mudah mengkonsumsi lebih banyak dari itu. Perlu diingat bahwa capung yang mampu memakan mangsa lebih besar juga mampu menimbulkan gigitan yang menyakitkan pada jari manusia.

Bagaimana dengan Capung Makan ?

Capung menggunakan salah satu dari tiga teknik untuk menemukan dan menangkap mangsa: menjajakan, menyengat, atau memungut. Ini adalah istilah yang sama yang digunakan untuk menggambarkan perilaku mencari makan pada burung.

Hawking – Sebagian besar capung menangkap mangsanya dalam penerbangan, mencabut serangga hidup langsung dari udara. Mereka dilengkapi dengan baik untuk mengejar dan menangkap mangsa terbang. Capung dapat berakselerasi dalam sekejap, menyalakan sepeser pun, melayang di tempat, dan bahkan terbang ke belakang.

Dengan membentuk sekeranjang macam dengan kakinya, capung bisa menyalip lalat atau lebah dan cukup meraciknya dan memasukkannya ke dalam mulutnya, tanpa henti. hanya akan membuka mulut mereka dan menelan apa pun yang mereka dapatkan saat mereka terbang. Capung yang menggunakan hawking untuk menangkap mangsanya termasuk darners, zamrud, glider, dan pelana.

Baca Pengetahuan Terkait   11 Fakta Menarik Mengenai Bintang Laut

Sallying – Capung akan duduk dan berjaga-jaga untuk mangsa, dan kemudian dengan cepat maju untuk menangkapnya saat melewatinya.

Memungut – capung lainnya menggunakan strategi yang disebut pemetaman, lebih memilih untuk melayang-layang di atas vegetasi dan serangga yang tertangkap bertengger di daun tanaman atau batang. Orang dewasa capung muda, yang sering berburu di lingkungan berhutan, akan mengambil dan memakan ulat yang tersuspensi dari pepohonan dengan benang sutra.

APA YANG LARVA CAPUNG MAKAN ?

Larva Capung yang hidup di air, juga memakan mangsa hidup. Seorang nimfa atau larva akan menunggu, paling sering pada vegetasi akuatik. Saat mangsa bergerak dalam jangkauan, ia membelah labiumnya dan menusukkannya ke depan dalam sekejap, meraih makhluk yang tidak curiga dengan sepasang palpi. Nimfa lebih besar bisa menangkap dan memakan berudu atau bahkan ikan kecil. Beberapa capung nimfa menusuk mangsanya dengan runcing runcing.