Berapa Lama Ratu Lebah Hidup ?
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Lebah sosial hidup di koloni, dengan lebah individu mengisi peran berbeda untuk memberi manfaat bagi koloni. Peran yang paling penting tidak diragukan lagi bahwa dari ratu lebah, karena dia bertanggung jawab penuh untuk menjaga koloni itu dengan menghasilkan lebah baru. Jadi berapa lama hidup ratu ratu, dan apa jadinya saat dia meninggal?

Lebah madu mungkin adalah lebah sosial yang paling terkenal. Pekerja hidup rata-rata sekitar 6 minggu, dan jatan mati segera setelah kawin.

Lebah lebah, bagaimanapun, hidup cukup lama dibandingkan dengan serangga lain atau bahkan lebah lainnya. Lebah lebah memiliki umur produktif 2-3 tahun, di mana dia bisa berbaring sampai 2.000 telur per hari. Selama hidupnya, dia dapat dengan mudah menghasilkan lebih dari 1 juta keturunan. Meski produktivitasnya akan menurun seiring usia, lebah madu bisa hidup sampai 5 tahun.

Seiring bertambahnya usia ratu dan produktivitasnya, lebah pekerja akan bersiap menggantikannya dengan memberi makan royal jelly ke beberapa larva muda. Ketika seorang ratu baru siap menggantikannya, para pekerja biasanya akan membunuh ratu lama mereka dengan membekap dan menyengatnya. Meskipun ini terdengar agak tidak berperasaan dan mengerikan, itu perlu kelangsungan hidup koloni.

Ratu penuaan tidak selalu terbunuh. Terkadang, ketika koloni menjadi penuh sesak, para pekerja akan membagi koloni itu dengan berkerumun. Setengah lebah pekerja terbang dari sarang dengan ratu lama mereka, dan membangun koloni baru yang lebih kecil.

Bagian lain koloni tetap di tempat, membesarkan ratu baru yang akan kawin dan bertelur untuk mengisi populasi mereka.

Lumbung juga lebah sosial. Tidak seperti lebah madu di mana seluruh koloni overwinters, di koloni lebah, hanya lebah ratu yang bertahan musim dingin. Ratu lebah tinggal selama satu tahun.

Baca Pengetahuan Terkait   6 Fakta dan Informasi Mengenai Ratu Rayap

Pasangan ratu baru di musim gugur, lalu berjongkok di lokasi yang terlindung untuk musim dingin. Di musim semi, masing-masing ratu lebah membentuk sarang dan memulai koloni baru. Pada musim gugur, dia menghasilkan beberapa pekerja jantan, dan memungkinkan beberapa keturunan perempuannya menjadi ratu baru. Ratu tua itu meninggal dan keturunannya melanjutkan siklus hidupnya.

Lebah tanpa rasa sakit, juga disebut lebah penyangga, tinggal di koloni sosial juga. Setidaknya ada 500 spesies lebah yang tidak dikenal, jadi rentang umur rusa lebah bervariasi. Satu spesies, Melipona favosa, dilaporkan memiliki ratu yang tetap produktif selama 3 tahun atau lebih.

Sources: