Biawak Perentie
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Biawak Perentie (Varanus giganteus) adalah biawak terbesar di Australia, dan kadal terbesar ketiga di dunia, setelah Biawak Komodo dan Biawak Air. Biawak ini ada di sebelah barat pegununganGreat Dividing Range di Australia. Spesies ini tidak banyak terlihat karena sifat mereka yang pemalu.

Biawak ini merupakan makanan favorit di antara suku Aborigin padang pasir, dan lemaknya digunakan untuk pengobatan dan upacara keagamaan. biasanya dalam upacara  tersebut biawak ini di masak mengunakan batu atau di bakar. Biawak ini merupakan kerabat dekat dengan Komodo.

Deskripsivaranus-giganteus-2

Kadap ini dapat tumbuh sampai sepanjang 2.5 meter, meskipun rata-rata panjangnya sekitar 1.75-2 meter. Biawak Perentie memiliki massa lebih dari 15 kg, massa maksimum dapat lebih dari 20 kg. Saingan mereka adalah Biawak Buaya. Biawak Buaya lebih panjang, dan sering memiliki panjang lebih dari 8 kaki, tetapi perentie lebih berat dan besar daripada biawak buaya. Namun, biawak Perentie merupakan kadal yang kurus, lebih kecil daripada Komodo dan biawak air.

Pada akhir tahun 2005, peneliti Universitas Melbourne menemuan bahwa kadal ini beracun. di air liurnya terdapat racun yang mematikan seperti halnya racun pada Komodo Indonesia. jadi jika bertemu dengan kadal ini berhati-hatilah terhadap gigitan biawak ini.

Status konservasi

Aman

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Scleroglossa
Famili: Varanidae
Genus: Varanus
Spesies: V. giganteus
Nama binomial
Varanus giganteus

(Gray, 1845)

Baca Pengetahuan Terkait   Burung Pentet