Ikan Landuk
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

lethrinus_olivaceus-wikimedia-org Mungkin anda masih belum familiar ketika mendengar nama ikan Landuk. Yah ikan ini merupakan salah satu penghuni lautan. Mungkin yang lebih familiar mendengar nama ini ialah para nelayan. Ikan yang sering banyak dijumpai di negara Sabah, Pantai Timur dan Utara Semenanjung ini merupakan salah satu ikan yang konsumsi yang digemari oleh masyarakat disekitarnya.

Fakta Menarik 

  • Ikan ini lemah ketika mendekati permukaan air ketika sedang di pancing

 Taxonomi

 

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Lethrinidae
Genus: Lethrinus

 

Deskripsi

lethrinus-elongatus-nautilus-scuba-net

Ikan Landuk atau bernama latin Lethrinus Elongatus berasal dari keluarga Lethrinidae juga dikenal dengan julukan pelanduk atau luping dikalangan penduduk Sabah. Ciri fisik dari ikan Landuk ialah bermulut runcing memanjang, badan bertompok coklat dan putih, sisik keras dan keputihan di bawah perut. Ikan ini juga gemar bergerak dalam satu kerumuanan atau gerombolan.
Ciri fisik lainnya dari ikan Landuk yaitu pada bagian kepalanya berwarna lebih gelap dari pada bagian badannya serta memiliki warna memudar pada bagian perut. Memiliki warna seirip yang transluscent atau kuning. Fungsi utama dari sirip ikan ini ialah untuk menjaga stabilitas dan arah ketika berenang.

Selain itu ukuran ikan Landuk bisa mencapai 1 meter besarnya dan bisa memiliki berat hingga lebih dari 7 kilogram. Namun pada umumnya ikan ini rata-rata memiliki berat antara 1 – 7 kilogram.

Penyebaran dan Habitat

lethrinus-elongatus

Ikan ini tersebar dibeberapa perairan di dunia. Salah satu penyebarannya ialah di negara Sabah, Pantai Timur dan Utara Semenanjung. Ikan ini juga tersebar di perairan utara Australia, Jepang, perairan selatan India, Madagascar, Philiphina, dan beberapa daerah penyebaran lainnya.

Ikan juga merupakan ikan dasar laut, yang artinya ikan ini biasa berenang di dasar laut atau mendekati batu karang. Maka tidak heran bahwa ikan ini banyak ditemukan dilingkungan pesisir yang memiliki pasir, terumbu karang, dan batuan. Bagi anda para pemancing yang ingin memancing ikan ini sebagaiknya memasang umpan tenggelam. Ikan ini akan lemah saat dipancing ketika telah mendekati permukaan laut.

Makanan

Makanan utama dari ikan Landuk sendiri merupakan ikan-ikan kecil. Namun tak jarang jika ikan Landuk juga gemar memakan sotong, krustasia, kepiting kecil, udang mantis, ikan kecil dan cacing laut.

Referensi

Lethrinus elongatus, Fishbase.

http://www.fishbase.org/Nomenclature/SynonymSummary.php?ID=1763&GSID=37171&GenusName=Lethrinus&SpeciesName=elongatus&SpecCode=1845&SynonymsRef=5213