Burung Pelatuk Raja (Campephilus imperialis) adalah salah satu spesies Burung pelatuk familia Picidae. Dalam kaitan kekerabatannya yang dekat dengan Pelatuk Paruh Gading, burung itu kadang-kadang juga disebut “Paruh Gading Meksiko” namun nama ini juga digunakan untuk menyebut Pelatuk Paruh Pucat.

Jika binatang ini tidak punah, binatang ini merupakan spesies burung pelatuk terbesar di dunia. Yang besarnya sekitar (60 cm/23 inci) dan burung yang menarik perhatian ini telah lama diketahui penduduk Meksiko asli dan disebut cuauhtotomomi di Nahuatl, uagam oleh Tepehuán, dan cumecócari oleh Tarahumara.

Burung jantan memiliki sebagian jambul berwarna merah, dan sebagian hitam, selain bagian paling utama, yang berujung putih, tambahan putih, dan pundak berwarna belang putih, tidak serupa dengan Pelatuk Paruh Gading karena tidak merata di seluruh lehernya. Burung betina tidak banyak berbeda, namun jambul seluruhnya berwarna hitam. Binatang ini pernah tersebar secara luas dan, sampai awal tahun 1950-an, jarang dijumpai di seluruh Sierra Madre Barat, Meksiko, dari barat Sonora dan Chihuahua menuju ke selatan sampai Jalisco dan Michoacan.

Sayang sekali , Burung yang sangat besar dan elok ini telah punah. kita sebagai manusia seharusnya lebih menjaga kesetabilan flora dan fauna supaya besok genarsi yang akan datang bisa melihat berjuta pesona flora dan fauna di bumi ini.

Burung Pelatuk Raja
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   Asupan Gizi yang Dibutuhkan Bagi Burung Pentet atau Cendet