Lancetfish atau Ikan Pisau (dalam bahasa Indonesia) memiliki penampilan jelas “sangat prasejarah”, gigi di rahang dan layar di punggungnya yang sangat tajam, mengingatkan kepada beberapa dinosaurus (Walaupun, di Lancetfish layar ini benar-benar sebuah sirip punggung diperbesar) . Bahkan nama ilmiahnya terdengar dinosaurian (Alepisaurus ferox). Dengan panjang yang mencapai dua meter (6 ’6 “), predator ini dapat ditemukan di semua samudra kecuali di daerah kutub, sangat rakus, mereka memakan ikan kecil dan cumi-cumi, mereka kadang-kadang juga memakan sesama komunitasnya.

Belum lam lama ini para pengunjung di Dermaga Jennette’s Pier di Nags Head, North Carolina, Amerika Srikat dikagetkan dengan adanya penampakan seekor ikan yang terkenal mengerikan.

Ikan ini memiliki taring yang besar dan sirip punggung yang panjang, para ilmuan menamakannya lancetfish bermoncong panjang (Alepi saurus ferox) merupakan predator nokturnal yang jarang terlihat di pantai, karena  ikan laut ini biasa berada di laut dalam saja.

Ikan laut yang bisa memiliki panjang hingga 2 meter ini juga terkenal dengan spesies yang memakan ikan sejenis mereka atau biasa disebut Kanibal, namun selain memangsa spesies sejenis, ikani laut ini juga memangsa cumi cumi dan ikan kecil lainnya.

Ikan yang mengandung banyak air pada otot otot mereka, membuat ikan ini di klasifikasikan sebagai hewan predator penyergap karena ilmuwan berasumsi bawaha dengan otot otot yang dipenuhi hair, ikan laut kanibal ini dapat mengejar mangsa dengan gesit dan cepat.

Lancetfish sering sekali ditemukan di perairan terbuka di seluruh lautan tropis dan subtropic dan sering terlihat melakukan perjalanan jauh hingga Greenland dan Islandia.