Cara Membedakan Kelamin Iguana
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

2lkcvoi Iguana adalah sejenis hewan reptil yang banyak hidup di hutan di daerah tropis dan subtropis, sepanjang garis pantai, dan bahkan di gurun pasir. Iguana memiliki beberapa jenis yang sudah di kenali, sebut saja Iguana Antiless Kecil, Iguana hijau dan iguana merah. Namun hanya iguana hijau dan iguana merah yang masih mempunyai populasi yang cukup banyak, jenis iguana lainnya sudah semakin langka dan sulit di temui. Iguana banyak di temukan di negara – negara seperti Meksiko , Brasil bagian selatan , Paraguay hingga Kepuluan Karibia. Habitat iguana di daerah hutan hujan dan daerah lembab atau basah yang dekat dengan sungai, danau, dan sumber air lain di mana sayur sayuran dan tumbuhan kecil bisa tumbuh dengan baik yang tingginya 100 meteran dari permukaan tanah. iguana juga terkadang dapat di jumpai di daerah gurun dekat oase walau tidak sebaik di daerah hutan. Ada beberapa Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana yang bisa kita lihat dari tanda tanda berikut ini.

  1. Iguana jantan biasanya memiliki kantong besar lemak di bagian belakang kepala.
  2. Rahang pada iguana jantan juga berukuran besar serta mempunyai pori-pori femoralis besar di bawah paha.
  3. Iguana betina mempunyai ukuran kepala yang lebih kecil. iguana betina juga tidak mempunyai kantong besar lemak pada kepala. Disamping itu, pori-pori femoralis pada iguana betina berukuran kecil.
  4. Saat musim kawin, duri pada punggung iguana jantan akan lebih tegak dan kepalanya sering digerakkan seperti mengangguk-angguk untuk menarik perhatian iguana betina.
  5. Iguana jantan menjadi lebih agresif selama musim kawin. iguana jantan akan cenderung menghindar saat didekati.
  6. Saat musim kawin, iguana betina akan menggali lubang di daerah yang menerima banyak sinar matahari untuk bertelur di sana.
  7. Si betina kemudian menutupi telur dan meninggalkan telur tersebut untuk menetas dengan sendirinya. Semua telur umumnya akan menetas secara bersamaan.
Iguana merupakan reptil herbivora yang memakan buah-buahan, kuncup bunga, dan daun muda. Walaupun terkadang di alam bebas di temui iguana sedang memakan serangga, ini hanyalah pengecualian yang jarang terjadi.Saat ini iguana semakin populer dijadikan sebagai binatang peliharaan. Hanya spesies yang tidak dilindungi saja yang boleh dipelihara seperti iguana hijau dan iguana merah. Untuk iguana jenis lain yang sudah di kategorikan langka semakin sulit di temui. Semoga Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana ini bisa membantu anda untuk membedakan jenis kelamin iguana kesayangan anda, terutama jika anda melakukan breeding sendiri.