Buat para penggemar ular terlebih memeliharanya, pasti pernah mengalami rasanya bagaimana ular peliharaan teman-teman berganti kulit. pergantian kulit pada ular ini pastinya menjadi hal yang biasa, namun jika tidak bisa merawatnya juga baik akan berpengaruh juga di kesehatan ular.

Lalu bagaimana cara merawat pergantian ulit pada ular mulai dari ciri hingga pasca ganti kulit ? berikut tipsnya dari Hewanpedia.

Mengenali tanda-tanda atau Ciri-ciri ular ganti kulit

Selama hidupnya ular selalu melepaskan kulitnya (shedding). Jika pada suhu atau perawatan yang tepat maka proses pergantian kulit tidak akan mengalami masalah.

Ciri-ciri ular akan ganti kulit yaitu :

  • Warna kulitnya menjadi pudar/kusam
  • Terdapat selaput putih menutupi matanya
  • Nafsu makan berkurang.

Setelah periode tertentu, matanya akan kembali bening dan ular tersebut akan mulai menggosokkan kulitnya sesering mungkin ke permukaan yang kasar untuk membantu melepaskan kulit. Selang tak terlalu lama maka kulitnya akan terkelupas dengan panjang yang sesuai bentuk tubuhnya.

Cara Merawat atau Menangani ular saat ganti kulit

Shedding merupakan saat yang kritis bagi ular. Oleh karenanya, ular perlu ditangani secara serius. Berikut tips saat ular Anda mengalami shedding.

Tambah kelembaban kulit ular. Sediakan water bowl di dalam kandang. Biasanya ular akan berendam dengan sendirinya. Kelembaban juga bisa diatur dengan menggunakan ruang kelembaban (humidity box).

Jangan pernah menarik kulit yang terkelupas karena akan menyebabkan luka. Bila kulit susah terkelupas, bungkus ular dengan handuk basah. Ular tersebut dapat melepaskan kulit-kulit yang tersisa dengan menggosokkan diri di handuk basah ketika dia merasa kulitnya cukup basah.

Cara merawat apabila ular gagal ganti kulit

Ada banyak hal yang menyebabkan ular gagal ketika ganti kulit. Kegagalan pergantian kulit bisa dikarenakan perawatan yang kurang tepat, kebiasaan menangani sewaktu ular dalam proses ganti kulit., dan adanya penyakit tertentu. Memegang ular pada saat ganti kulit dapat menyebabkan dysecdysis (masalah shedding) yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kulit.

Baca Pengetahuan Terkait   Tips Cara Membuat Kandang Hamster Yang Baik

Penyebab lain dari kegagalan pergantian kulit yaitu nutrisi yang tidak seimbang, penempatan ular yang tidak sesuai, serta keberadaan benda-benda ketika ular menggosokkan badannya untuk melepaskan kulit.

Masalah ganti kulit pada ular Anda dapat diatasi dengan mencegah penyebab yang menimbulkannya. Berikan nutrisi yang seimbang pada ular Anda. Sebaiknya jangan memegang ular saat ganti kulit atau merubah cara memegang ular yang benar. Pencegahan ini akan sangat membantu ular anda agar tidak bermasalah kembali saat ganti kulit yang akan datang.

Ciri Ular Berganti Kulit dan Cara Merawatnya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini