Di dunia mancing, para mancing mania selalu memiliki istilah mancingnya masing-masing. namun dari semua istilah tersebut Hewanpedia telah merangkum setidaknya 34 istilah mancing yang sering digunakan para pemancing di indonesia. apasaja ? simak rangkumannya.

  1. Tegeg / bebekan : Joran panjang berbentuk antenna,tidak menggunakan reel, dan ada berbagai macam ukuran panjangnya.
  2. Klaker : Adalah kumpulan bola besi yang menjadi penentu ratio perputaran yang ada pada reel.
  3. Kenur : Senar, nylon,atau benang dengan sebutan PE untuk mancing, bisa berbentuk Flurocarbon,monofilament ( berserat tunggal ) atau braided ( berserat banyak ).
  4. Timah : Pemberat untuk mancing, ukuran dan bentuknya biasanya bermacam-macam
  5. Kili – Kili : Alat untuk Penyambung antara line utama dan rangkaian mata kail yang bisa berputar,dengan ukuran dan bentuknya yang bermacam-macam.
  6. Capela : Umpan tiruan yang biasanya menyerupai udang-udangan dengan banyak kail pada satu sisinya dan biasanya dipakai untuk memancing cumi – cumi atau sotong.
  7. Taikong/Kapten Kapal : Orang yang membawa boat.
  8. Abk/Wireman : Anak buah kapal yang membantu untuk menarik jangkar, memasak, ngangkat ikan, melepas kail dari mulut ikan dan lain sebagainya.
  9. Outrigger : Adalah tiang penghela yang dipasang disisi kapal, gunanya untuk merentangkan senar atau benang agar tidak berimpitan satu dengan yang lainnya.
  10. Jackpot : Mabuk laut biasanya disertai dengan muntah-muntah
  11. Musim angin : Angin baratan, timur, utara dan selatan.
  12. Hand Line : Memancing tanpa menggunakan joran dan reel alias langsung pake tangan, namun tetap memakai line,timah dan mata kail.
  13. Ngotrek : Adalah mencari ikan umpan. Biasanya rangkaian ngotrek itu terdiri dari beberapa matakail kecil yg berderet – deret atau berurutan. Target ikan selar, tembang, layang, como, kembung, sangir.
  14. Ngoncer : Memancing dipermukaan atau setengah air dengan menggunakan ikan hidup.
  15. Dasaran : Istilah Mancing ini berarti teknik mancing yang menggunakan pemberat atau timah yang diikatkan di ujung rangkaian mata kail pancing, spot nya bisa di danau,muara,kolam,kali dan laut.
  16. Tonda: Memancing yang disebut trolling ini harus menggunakan reel khusus (Over Head) yang cukup kuat dengan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot.
  17. Mancing Layang – Layang : Teknik ini mirip dengan mancing tonda/trolling dengan menggunakan alat bantu layang-layang. Mancing ini biasanya dilakukan para nelayan di kepulauan seribu untuk mancing ikan cucut dengan umpan ikan kecil.
  18. Nyumi /Squid Jigging : Yaitu tehnik memancing cumi dengan umpan mainan.
  19. Garong : Memancing ini sangat popular dengan sebutan “ngegarong” karna menggunakan sejenis mata kail yang bermata 6(enam) berbentuk seperti matahari yang disebut pancing “GARONG”.
  20. Mancing Nganyut : Adalah “slow trolling”. Drifting membuat kita dapat memancing diarea yang lebih luas dari pada dengan kapal berjangkar.
  21. Mancing Lobang atau Gopak : Teknik memancing khusus untuk mancing ikan Nila/Mujair babon. Dengan mencari sarang atau lubang dari ikan Nila/Mujair babon yg berbetuk cekungan wajan.
  22. Chumming : Yaitu memberikan perangsang pada ikan dengan cara melempar-lempar umpan atau mengebom, supaya ikan tertarik untuk mendekat.
  23. Ngoyor : Memancing dengan setengah badan dan berendam didalam air.
  24. Rumpon : Sebuah karang buatan yang dibuat dengan manusia dan karang tersebut terbuat dari kayu, ban bekas, cor2an semen, bekas kapal,becak dll yg sengaja ditenggelamkan, rumpon tersebut berfungsi sebagai tempat bersarang dan berkumpulnya ikan.
  25. Mancing Harian : Adalah istilah Mancing yang berarti kegiatan memancing satu hari penuh dengan membayar uang sewa dikolam dan ditambak.
  26. Mancing Kiloan : Istilah Mancing ini berarti mancing dengan sistem memancing terlebih dahulu lalu ditimbang perolehan ikan yg terpancing dan membayar sebesar apa yang diperolehnya berdasarkan satuan KILOGRAM.
  27. Kilo Gebrus : Memancing ini biasanya khas Jawa Barat mulai dari depok, bogor, cianjur, sukabumi sampai subang, garut dan tasik. Sistemnya adalah pemancing di tentukan menurunkan beberapa kilo ikan kedalam kolam baru dan ini dilakukan oleh para pemancing.
  28. Mancing Borongan : Mancing dengan sistem memborong satu kolam atau tambak . Biasanya di lakukan tawar menawar terlebih dahulu antara pemancing dan pemilik kolam atau tambak. Trus ikan bisa di pancing sepuasnya satu harian. Atau bahkan bila perlu di kuras airnya dan dijaring.
  29. Galatama : Galatama diambil dari istilah pertandingan liga sepakbola di indonesia pada jaman dulu yang intinya adalah perlombaan yang memperebutkan juara peringkat. Jadi mancing Galatama yaitu mancing dengan target menjadi Juara dalam pertandingan memancing. Biasanya pertandingan ini memperebutkan Juara terberat 1, Juara terberat 2, Juara terberat 3, dan Juara Prestasi (Total tangkapan terbanyak), kadang pula ada yang juara harapan, dan doorprice biar perlombaan jadi ramai.
  30. Gaplean : Permainan mancing ini mirip seperti Kilo Gebrus hanya disini ada urusan taruhannya. Biasanya berupa uang untuk hasil pancingan tersebut
  31. Ngomset : Istilah Mancing yang berarti sukses mendapat ikan banyak kadang pula juara dalam mancing.
  32. Ngetrik : Pelampung tersebut bergoyang seperti mesin jahit ketika umpan di makan ikan.
  33. Boncos : Adalah istilah mancing untuk para pemancing ikan, yang pada saat memancing tidak mendapatkan ikan sama sekali.
  34. Mocel : Adalah istilah mancing pada saat strike atau hook up dan ikan tersebut lepas ke air lagi.
Baca Pengetahuan Terkait   4 Ciri Fisik Utama pada Ikan Hiu

Bagaimana ? apakah temen-temen sudah hafal semua tentang istilah-istilah tersebut ? atau malah punya istilah lain di dunia mancing teman-teman ? jangan lupa tinggalkan di komentar bawah ini untuk berbagi istilah mancing kalian.

Kenali Berbagai Istilah dalam Dunia Mancing
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini