Bingung memilih tempat atau Aquarium yang tepat untuk ikan kesayangan anda? Nah kali ini Ikanhiaspopuler akan membahas mengenai cara memilih Aquarium atau tempat ikan lauhan dengan tepat. Namun sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita bahas dulu apa itu ikan Louhan?
Ikan Louhan merupakan ikan yang memiliki mitos yang sangat banyak. Ikan Louhan dipercaya mampu mendatangkan rejeki nomplok. Sehingga banyak yang memeliharanya. Selain itu ikan louhan juga memiliki ciri yang sangat unik. Dengan benjolan di kepalanya mampu menarik para pecinta ikan hias. Jadi tak heran jika banyak yang suka dengan ikan louhan.
Bah demikian sekilas tentang ikan louhan. Sekarang kita masuk ke tahap berikutnya yakni cara memilih Aquarium atau Tempat Ikan Louhan dengan tepat:
  1. Jika anda ingin memelihara didalam rumah maka pilih aquarium dengan lebar 40 cm dan panjang 70-100a cm dan tinggi 40 cm. Namun jika anda memelihara ikan louhan diluar rumah bisa menggunakan bak yang terbuat dari tembok.
  2. Pilih tempat sesuai ukuran ikan misalnya jika masih kecil anda dapat menggunakan aquarium dengan ukuran 40×55 cm namun jika sudah besar anda harus menggunakan yang skala besar karena ikan louhan mudah stres.
  3. Pilih aquarim yang mudah dibersikan karena ikan louhan sangat sensitif dengan air keru. Jadi dengan aquarium mudah dibersikan maka akan cepat di gontak-ganti artinya.
  4. Setiap aquarim sebaiknya menggunakan filter agar aquarium tidak cepat kotor dan bisa menghambat hama yang masuk.
  5. Jika anda sulit untuk mencari aquarium yang sesuai anda dapat memesan atau membuatnya langsung dengan cara akuarium memiliki ukuran 4 kali panjang dari tubuh ikan louhan anda.
  6. Pilih aquarium yang telah dilengkapi dengan heater untuk tetap mengontrol suhu air ikan. Kendati demikian anda juga perlu mengganti air minimal 1 dalam seminggu.
  7. Gunakan lampu yang sesuai dengan warna ikan anda. Dengan catatan pilih lampu yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Karena ini dapat mempengaruhi ikan.
  8. Jika ingin memberi tanaman hias, sebaiknya pilih aquarium yang skala agak besar dan jangan gunakan tanaman hias yang bisa dimakan ikan. Tanaman hias yang baik untuk ikan louhan adalah sesuai warna atau dapat juga menggunakan tanaman hias buatan yang lembut.
  9. Untuk dasar, aquarium, anda dapat menggunakan batu-batu kecil atau karang dengan warna-warni. karena dengan warna yang begitu banyak dapat membantu meningkatkan warna ikan.
  10. ketika anda memberi pakan atau makanan, usahakan memberi makanan secukupnya. Karena makanan yang berlebihan dapat membuat air menjadi keru dan juga mempengaruhi warna ikan.
Baca Pengetahuan Terkait   6 Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal
Walaupun ada kesepuluh cara diatas namun cara yang sering digunakan orang lain biasanya menyesuaikan aquarium dengan ukuran ikan misalnya ikan lou han kecil 5-7,5 cm bisa menggunakan akuarium 20×30 cm², sebesar akuarium ikan cupang. Lou Han berukuran 40 cm dpt bergerak bebas, akuariumnya 80×166-180 cm². Ikan louhan, 10-15 cm memerlukan akuarium lebih besar,40×60 cm². Sedangkan Ikan Lou Han berukuran di atas 25 cm gunakan akuarium 60×120 cm².
Nah demikian cara memilih aquarium yang baik untuk ikan louhan. Sedikit catatan bahwa sebaiknya pada aquarium gunakan air yang terus mengalir demi menghindari kurangnya oksigen dalam air. Selain itu tips yang biasa digunakan untuk menghindari ikan dari stress adalah menempatkan ikan di tempat tinggi 80 cm diatas lantai
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini