Mujair adalah salah satu ikan air tawar yang memiliki rasa yang paling enak. Ikan mujair biasanya hidup di sawah atau sungai-sungai kecil. Bisanya ikan ini dipelihara sebagai salah satu pendapatan nelayan di daerah dataran rendah.
Namun saat ini, mujair juga sudah banyak dipelihara sebagai ikan hias. Mujair yang sering dipelihara sebagai ikan hias adalah ikan mujair dengan warna hitam. Ikan mujair merupakan ikan yang ditemukan di perairan Afrika dan di Indonesia oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939.
Karena penemunya adalah pak mujair makanya diberi nama ikan mujair sebagi pernghargaan terhadap penemunya. Nah anda ingin tahu bagaimana ciri ciri dari ikan mujair.? berikut ulasanya:
  1. Mujair merupakan ikan yang hanya bisa tumbuh dengan panjang badan hingga 40 cm. Jadi kalau panjangnya sudah mencapai 40 cm itu sudah tidak bertamba panjang lagi. Udah mentok disitu.
  2. Mujair biasanya memiliki ciri memiliki 15-17 duri (tajam) pada sisirp punggung dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak); dan sirip dubur (anal) dengan 3 duri dan 9-12 jari-jari. Ukuran panjang Sirip mencapai 0,5-1 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan bobot dan panjangnya.
  3. Saat bertelur ikan mujair menimpan telur yang telah di buahi di dalam mulut. Hal ini dilakukan untuk melindungi telur dari ikan lain.
  4. Ikan mujair merupakan predataor telur yang sangat berbahaya jika di tempatkan sama dengan ikan lain. Sebab ikan mujair bisa menghabisi telur ikan lain dalam sehari. Sehingga jika memelihara ikan mujair sebaiknya jangan digabung dengan ikan petelur lainya.
  5. Ikan mujair memiliki kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat, tetapi setelah dewasa kecepatannya ini akan menurun. Ikan ini mulai berbiak pada umur sekitar 3 bulan, dan setelah itu dapat berbiak setiap 1½ bulan sekali.
  6. Jika dilihat dari bentunya ikan mujair memiliki tubuh gempal dan padat berisi. Ikan mujair biasanya telihat panjang kecil jika dibandingakan dengan ikan Nila.
  7. Jika dilihat dari bentuk sisiknya maka sisik ikan mujair berwarna kecoklatan, hitam dan agak abu-abu. dibagian kepala memiliki bentuk seperti kerucut dan mirip dengan kerabatnya yaitu ikan nila.
  8. Jika ditelisikp pada bagian Mata ikan mujair memiliki warna merah, agak kehitaman dan juga ada yang berwarna kecoklatan. Mata ikan mujair sama dengan ikan lainnya yaitu memiliki bentuk bulat, dan bagian tengah terdapat bundaran hitam. Selain itu, mata ikan akan ini terdapat lingkaran berwarna kekuningan, dan keputihan tergantung berapa lama umurnya. Makin tua ikan mujair mata akan  semakin kuning dan mulai berwarna hitam.
  9. Dalam sekali beproduksi ikan mujair bisa menghasilkan keturunan sekitar 100-150 benih perekornya bahkan lebih tergantung kualitas induk betinanya. Untuk mengetahui bahwa ikan mujair sudah bisa di bijahkan maka organ reproduksi betina dan jantan keluar warna kekuningan dan putih bila dipencet.
  10. Bila anda memperhatikan bagian ekor dari ikan mujair maka akan berbentuk timbul dan persegii, warnanya tidak  berbeda dengan warna siripnya, dan juga dosokong oleh beberapa tulang. Selain itu, ikan ini memiliki sirip di bagian perutnya berwarna sama dengan ekor, tetapi lebih pendek.
Nah demikian 10 ciri-ciri dari ikan mujair. Untuk lebih jelasnya anda dapat memperhatikan Gambar diatas yang telah disediakan oleh ikanhiaspopuler. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.