Dalam budaya Jawa terdapat salah satu kitab terkait mitos-mitos yang dipercayai. Salah satunya adalah primbon Mujarobat Jawa. Dalam kitab tersebut menyebutkan bahwa ada 7 pertanda berkaitan dengan fenomena burung masuk rumah. Ketujuh pertanda ini bisa bermakna baik dan buruk, tergantung dari jenis burung yang memasuki rumah.

Nah berikut Hewanpedia merangkumkan mengenai arti burung masuk rumah menurut jenis-jenisnya sesuai mitos Jawa atau Kejawen :

1. Burung gereja

Burung Gereja

Yang pertama, burung gereja. Burung ini termasuk jenis burung yang cukup sering kita temui masuk ke dalam rumah. Adapun dari pemaparan primbon, masuknya burung gereja ke dalam rumah konon bisa menjadi alamat bahwa dalam waktu dekat akan ada tamu yang datang untuk membawa kabar baik atau memberikan sesuatu yang menyenangkan.

2. Burung walet

Burung Walet

Burung Walet Terbang

Burung walet biasanya hanya akan memasuki rumah yang berada di sekitar persawahan atau rawa-rawa. Konon, seperti dijelaskan dalam petuah leluhur dulu, barang siapa rumahnya dimasuki burung walet, maka alamat ia akan kedatangan rejeki dalam waktu dekat ini. Datangnya rejeki tersebut tidak bisa diperkirakan jalannya, bahkan biasanya ia datang dari jalan yang tak diduga-duga.

3. Burung sriti

Burung Sriti

Dilihat dari bentuknya, burung sriti akan tampat seperti burung walet. Teman-teman yang hidup di lingkungan pedesaan pasti bisa membedakan keduanya. Sementara burung walet membawa pertanda baik, kedatangan burung sriti ke dalam rumah menurut primbon justru dikaitkan dengan alamat buruk. Konon, orang yang rumahnya kemasukan burung sriti, diyakini akan kena tipu atau kemalingan.

4. Burung merpati

Burung Merpati

Secara umum, burung merpati dikenal sebagai perlambang kesetiaan dan kasih sayang. Adapun dari pandangan primbon Jawa, kedatangan burung ini ke rumah justru sering dikaitkan dengan pertanda akan adanya undangan.

5. Burung gagak

Burung gagak

Dalam kepercayaan adat Jawa, burung gagak dianggap sebagai burung yang memiliki aura negatif. Konon, apabila sebuah rumah dihinggapi oleh burung gagak atau burung gagak itu hanya sekedar terbang berputar-putar di atas rumah, maka itu bisa menjadi alamat buruk. Dalam waktu dekat, biasanya akan ada salah satu dari penghuni rumah itu yang akan meninggal -entah karena penyakit, celaka, atau karena penyebab lainnya.

6. Burung hantu

Burung Hantu Celepuk Reban Otus bakkamoena

Meski kebanyakan kita menganggap burung ini sebagai burung yang membawa keburukan, namun jika merujuk pada ulasan yang disampaikan primbon, kedatangan burung ini ke rumah justru bisa menjadi pertanda baik. Orang yang rumahnya dimasuki burung hantu konon akan ketiban rejeki dalam waktu dekat. Entah banar atau tidak, untuk pertanda ini sayapun belum pernah membuktikan benar atau tidaknya.

7. Kelelawar

kelelawar di Rumah

Bagi Teman-teman yang rumahnya berada di sekitar perkebunan atau pohon-pohon besar, kedatangan kelelawar ke rumah mungkin menjadi suatu kejadian yang biasa saja. Namun, bagi Teman-teman yang berada di lingkungan ramai, masuknya kelelawar ke dalam rumah ternyata bisa menjadi sebuah pertanda.

Dalam primbon dijelaskan bahwa bila seekor kelelawar masuk ke dalam rumah dan terbang memutar ruangan searah jarum jam, maka itu bisa menjadi alamat akan datangnya seorang tamu yang membawa kabar baik. Sementara bila kelelawar tersebut terbang memutar berlawanan arah jarum jam, alamat akan datang rejeki besar dalam waktu dekat ini pada si penghuni rumah tersebut.

 

 

Nah, para pembaca sekalian! Mungkin itulah sekilas pembahasan yang dapat di rangkum dari kitab primbon Mujarobat Jawa mengenai arti burung masuk rumah beserta pertanda-pertandanya. Hendaknya, setelah mengetahui pertanda-pertanda yang disampaikan ini, mudah-mudahan ada hikmah dan pelajaran yang bisa Teman-teman ambil. Semoga bermanfaat