Guanako (Lama guanicoe) adalah binatang camelid yang merupakan binatang asli Amerika Selatan. Binatang ini memiliki tinggi sekitar 1.06 m dan berat 90 kg. Seperti llama, guanako berbulu dobel dengan rambut yang kasar dan lapisan bawah yang lembut. Guanako memiliki wol yang lembut. Warna guanako bervariasi, dari coklat muda sampai kayu manis tua. Guanako memiliki muka berwarna abu-abu dan telinga kecil.

Guanako mirip dengan llama, alpaka dan vikuñas, guanako memiliki kulit yang lebih tebal di lehernya. Orang Bolivia menggunakan leher binatang ini untuk membuat sepatu. Guanako disebut chulengo di Amerika Selatan.Guanako biasanya ditemukan dalam kawanan kecil atau kelompok keluarga longgar terstruktur.

Ketika seorang anggota kawanan mengambil sedikit pun dari bahaya, itu membuat panggilan peringatan bernada tinggi, menyebabkan guanaco lainnya melarikan diri dengan cepat dan gesit di medan curam dan tidak merata. Guanako umumnya hidup pada ketinggian tinggi, merumput di rumput dan browsing di daun dan tunas.

Mereka bisa mendapatkan dengan tanpa air untuk jangka waktu yang lama, memperoleh kelembaban dari tanaman yang mereka makan. Kaum muda bermain dan bermain-main, tetapi ketika berhadapan dengan seorang pria dewasa mereka akan meletakkan leher mereka di tanah dalam pengajuan.Guanako adalah salah satu mamalia liar terbesar di Amerika Selatan, dan puma adalah predator alami satunya signifikan. Diklasifikasikan sebagai terancam punah di Chili dan Peru, angka di Chile tampaknya meningkat.

Guanako, Ilama dari Amerika Selatan
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   serigala abu-abu