Amphilophus trimaculatus atau lebih dikenal dengan nama Ikan Louhan merupakan ikan yang berasal dari Taiwan dan kemudian dikembangkan oleh orang Malaysia padatahun 1993. Ikan yang memiliki bentuk seperti perahu ini dipeleihara paling banyak oleh orang Taiwan karena dipercaya dapat membawah keberuntunngan. Pada tahun 1995, Ikan Louhan mulai dikembangkan paling banyak. Selain itu, ikan ini juga di kawinan secara silang. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan ikan Louhan yang paling berkualitas.
Tahun 1998, Ikan Louhan jenis Greenish Gold Tiger mulai diimpor ke Amerika Serikat. Tahun 1999, ada empat jenis flowerhorn yang tersedia di pasar Amerika yaitu flowerhorn biasa, flowerhorn skala mutiara, flowerhorn emas, dan fader.
Ikan Louhan mulai populer pada tahun 2001 dan pada tahun 2002 Ikan Louhan spesies baru sudah bannyak yang muncul dipasaran seperti misalnya Ikan Lounhan Kamfa yang merupakan spesies dari genus Vieja atau dengan Parrot Cichli yang memiliki ciri seperti mulut pendek, ekor terbungkus, mata cekung, dan gundukan yang semakin besar di bagian kepala.
Ikan Louhan biasanya hidup pada suhu  air 80–85 °F, dan pH kurang dari 7.4–8.0. Ikan Louhan biasanya hanya memiliki makanan tertentu (tidak sembarang makan).
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   4 Makluk Purba Penguasa Lautan