Untuk merawat burung kenari diperlukan sangkar dan sarana penunjang kelengkapan lain. agar sangkar tidak mudah rusak, mutunya harus ditingkatkan. kelengkapan lain harus mampu membuat burung yang dipelihara di dalamnya bisa tenang dan nyaman. selain melindungi burung dari gangguan lingkungan, diharapkan dapat memacu burung rajin berkicau.

Salah satu jenis sangkar yang direkomendasikan ketika memelihara burung kenari ialah mengunakan sangkar berbentuk soliter,

MEMAHAMI SANGKAR SOLITER

pemilihan sangkar soliter diperhatikan beberapa hal, terutama menyangkut ukuran dan bentuknya. kekuatan sangkar soliter juga akan terpengaruh karena adanya pengaruh alam, seperti percikan maupun panas matahari pada saat penjemuran.

UKURAN SANGKAR YANG BAIK UNTUK MERAWAT KENARI

sangkar untuk merawat dan memelihara kenari sebaiknya berukuran sedang, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. walaupun kenari tergolong burung yang berukuran kecil, bukan berarti sangkar yang baik bentuknya berukuran kecil, bahkan, sangkar yang berukuran kecil sebaiknya dihindari, apabila dipaksakan menggunakan sangkar kecil maka efek sampingnya kurang menguntungkan dan kemungkinan dapat membahayakan.

  1. Ukuran Sangkar kenari yang terlalu kecil
    apabila sangkar terlalu kecil maka ruang gerak kenari kurang leluasa sehingga kelak kenari cepat menjadi gemuk, dikarenakan cenderung sering makan. burung yang gemuk menjadi malas bergerak dan biasanya juga malas berkicau. efek buruk lain yang bisa terjadi dari penggunaan sangkar kecil yaitu jari-jari kaki kenari akan cepat bersisik. tentunya semua itu sangat tidak menguntungkan karena dapat mengurangi daya tarik kenari.
  2. Ukuran Sangkar kenari yang terlalu besar
    sangkar yang cukup besar memang baik untuk kesehatan kenari karena manjadi lebih bebas bergerak. namun, sayangnya sangkar besar kurang memberi daya tarik bila dipandang. sebaiknya sangkar besar hanya digunakan jika badan kenari dikehendaki lebih kurus atau pada saat kenari mengalami ganti bulu dengan tujuan agar proses pergantian bulunya bisa cepat terjadi dengan sempurna.
  3. Ukuran sangkar Kenari yang ideal
    ukuran sangkar yang baik untuk merawat kenari dan mudah ditemukan dipasaran adalah panjang 30 cm, lebar 30 cm dan tinggi 50 cm, atau panjang 35 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 50 cm, ukuran tersebut sudah cukup memberi ruang gerak bagi kenari.
Baca Pengetahuan Terkait   Cara Memelihara Kura-kura Darat atau Sulcata

BENTUK SANGKAR

ada berbagai bentuk sangkar kenari, bentuk yang menjadi pilihan utama adalah, segi empat. sangkar dengan bentuk ini juga selalu digunakan oleh hobis untuk mengonteskan kenari, jarang sangkar dengan bentuk lain dibawa ke arena kontes.

MENJAGA KUALITAS SANGKAR

setelah digunakan, lambat lain sangkar akan rusak, oleh karena itu kualitas sangkar perlu ditingkatkan agar lebih kuat dan menarik.

berdasarkan kenyataan membeli sangkar jangan bersamaan dengan membeli kenari, banyak kasus terjadi, kenari yang baru dibeli tidak mau berkicau/lama berkicau atau bahkan sakit tanpa sebab yang diketahui. hal tersebut juga bisa disebabkan oleh sangkar baru yang masih berbau vernis atau cat.

Ini Ciri Sangkar yang Baik untuk Memelihara Burung Kenari
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini