Kalajengking Cambuk terlihat sangat mengancam, oleh beberapa akun. Sebenarnya, mereka mungkin adalah makhluk tampak paling menakutkan yang sebenarnya tidak dapat membahayakan Anda. Mereka menyerupai kalajengking, dengan penjepit besar dan panjang, seperti cambuk ekor, tapi mereka kekurangan kelenjar racun sama sekali. Whipscorpions juga d ikenal sebagai vinegaroons.

Seperti apa Kalajengking Cambuk ?

Kalip kalajengking terlihat mirip dengan kalajengking, tapi kalajengkingnya sama sekali tidak sama sekali. Mereka adalah arakhnida, terkait dengan laba-laba dan kalajengking, tapi juga milik tatanan taksonomi mereka sendiri, Uropygi. Kalip kalajengking berbagi bentuk tubuh yang memanjang dan rata seperti kalajengking, dan memiliki penjepit besar untuk menangkap mangsa. Tapi tidak seperti kalajengking sejati, kalajengking tidak menyengat, juga tidak menghasilkan racun. Ekornya yang panjang dan ramping sepertinya hanya berupa struktur sensorik, yang memungkinkannya mendeteksi getaran atau bau.

Meski lebih kecil dari kalajengking yang paling sebenarnya, kalajengking bisa sangat besar, mencapai panjang tubuh maksimal 8 cm. Tambahkan 7 cm ekor lagi ke dalamnya, dan Anda punya bug besar (meski bukan bug yang sebenarnya). Sebagian besar kaleng kalajengking menghuni daerah tropis. Di A.S., spesies terbesar adalah Mastigoproctus giganteus, kadangkala dikenal sebagai pembunuh keledai.

Bagaimana Klasifikasi Kalajengking Cambuk ?

Kerajaan – Animalia
Filum – Arthropoda
Kelas – Arachnida
Pesanan – Uropygi

Apa Makanan Kalajengking Cambuk ?

Kalajengking Cambuk adalah pemburu malam yang memakan serangga dan hewan kecil lainnya. Pasangan pertama kaki Kalajengking Cambuk dimodifikasi menjadi peraba panjang, digunakan untuk menemukan mangsa. Begitu makanan potensial teridentifikasi, kalajengking menangkap mangsa dengan penjepitnya, dan meremukkan dan menumpahkan korban dengan chelicerae yang kuat.

Siklus Hidup Kalajengking Cambuk

Untuk makhluk dengan penampilan yang begitu menakutkan, kalung kalajengking memiliki kehidupan cinta yang sangat lembut. Laki-laki membelai pasangan potensinya dengan kaki depannya sebelum mempresentasikannya dengan spermatofornya. Setelah pembuahan terjadi, retret betina ke liangnya, menjaga telurnya saat mereka berkembang dalam kantung mukosa. Saat menetas muda, mereka menaiki punggung ibu mereka, berpegangan kencang dengan pengisap khusus. Begitu mereka merengek untuk pertama kalinya, mereka meninggalkan ibu mereka dan dia meninggal dunia.

Baca Pengetahuan Terkait   belalang sembah

Perilaku Khusus Kalajengking Cambuk

Sementara mereka tidak bisa menyengat, kaleng kalajengking bisa dan akan membela diri saat terancam. Kelenjar khusus di dasar ekornya memungkinkan kalajengking menghasilkan dan menyemprotkan cairan defensif. Biasanya kombinasi asam asetat dan asam okta, semprotan defensif Kalajengking Cambukmengeluarkan bau khas cuka khas. Bau unik inilah mengapa whipscorpion juga masuk dengan julukan vinegaroon. Lebih dulu Jika Anda menemukan vinegaroon, Anda bisa menabrak Anda dengan asam defensif dari jarak setengah meter atau lebih.

JENIS-JENIS WILAYAH LAINNYA

Urutan Uropygi bukanlah satu-satunya kelompok organisme yang dikenal sebagai kaleng kalajengking. Di antara arakhnida ada tiga perintah lain yang berbagi nama umum ini, yang secara singkat dijelaskan di sini.

1. Kalung kalajengking mikro (pesanan palpigradi)

Arakhnida kecil ini hidup di gua dan di bawah batu, dan kita belum tahu banyak tentang sejarah alam mereka. Kalung kalajengking mikro berwarna pucat, dan ekornya ditutupi dengan setae yang berfungsi sebagai organ sensorik. Para ilmuwan percaya kalajengking mikro memangsa mikro arthropoda lain, atau mungkin juga pada telurnya. Sekitar 80 spesies dideskripsikan di seluruh dunia, meski banyak yang mungkin ada, masih belum ditemukan.

2. Kalus kalajengking (Order Schizomida)

Kalip kaliper shorttailed adalah arakhnida kecil, berukuran kurang dari 1 cm. Ekor mereka (bisa diduga) pendek. Pada laki-laki, ekornya dikunci sehingga kawin betina bisa memegangnya selama kawin. Kaleng kalajengking yang telah dikeringkan sering kali memiliki kaki belakang yang telah dimodifikasi untuk dilompati, dan terlihat serupa dengan belalang dalam hal itu. Mereka memangsa arthropoda kecil lainnya, berburu di malam hari, meski penglihatannya buruk. Seperti sepupu mereka yang lebih besar, sikat kaliper kalajengking menyemprotkan asam dalam pertahanan, tapi kekurangan kelenjar racun.

Baca Pengetahuan Terkait   Anjing Samoyed

3. Taquess Whipscorpions (Order Amblypygi)

Kue cambuk yang bagus sekali itu, dan nama pesanan mereka, Amblypygi, secara harfiah berarti “pantat tumpul.” Spesimen terbesar mencapai 5,5 cm, dan terlihat agak mirip dengan vinegaroons yang lebih besar. Korset goresan tailless memiliki kaki yang sangat tajam dan pedipalpus berduri, dan mereka dapat berjalan menyamping dengan kecepatan yang mengejutkan. Fitur-fitur ini membuat mereka menjadi mimpi buruk bagi kita yang mudah ketakutan di antara kita, tapi seperti kelompok whipscorpion lainnya, kalung kalung tajam tidak jinak. Artinya, kecuali jika Anda adalah seorang arthropoda bertubuh kecil, dalam hal ini Anda mungkin mendapati diri Anda tertusuk dan dihancurkan sampai mati oleh pedipalpus tajam yang menggairahkan.

Sumber:

  • Bugs Rule! An Introduction to the World of Insects, by Whitney Cranshaw and Richard Redak
  • Borror and DeLong’s Introduction to the Study of Insects, 7th edition, by Charles A. Triplehorn and Norman F. Johnson
  • “Species Mastigoproctus giganteus – Giant Vinegaroon,” Bugguide.net. Accessed online March 10, 2017.
Kalajengking Cambuk dan Fakta Ilmiahnya
5 (100%) 3 votes