Lebah Madu
1 (20%) 1 vote

Lebah madu, Apis mellifera, adalah salah satu dari beberapa spesies lebah yang menghasilkan madu. Lebah madu hidup di koloni, atau sarang lebah, rata-rata 50.000 lebah. Sebuah koloni lebah madu terdiri dari ratu, lebah jantan, dan pekerja. Semua berperan dalam kelangsungan hidup koloni lebah.

DESKRIPSI

Sebanyak 29 subspesies Apis mellifera. Lebah madu Italia, Apis mellifera ligustica, paling sering dipelihara oleh peternak lebah di belahan barat. Lebah madu Italia digambarkan sebagai warna terang atau emas. Perut mereka bergaris kuning dan coklat. Kepala berbulu membuat mata majemuk besar mereka tampak berkerut dengan rambut.

KLASIFIKASI

  • Kerajaan – Hewan
  • Filum – Arthropoda
  • Kelas – Insekta
  • Order – Hymenoptera
  • Keluarga – Apidae
  • Genus – Apis
  • Spesies – mellifera

MAKANAN

Lebah madu memakan nektar dan serbuk sari dari bunga. Lebah pekerja memberi makan larva royal jelly terlebih dahulu, dan kemudian memberi mereka serbuk sari.

SIKLUS KEHIDUPAN

Lebah madu mengalami metamorfosis lengkap:

  • Telur – Lebah ratu meletakkan telurnya. Dia adalah ibu dari semua atau hampir semua anggota koloni.
  • Larva – Lebah pekerja merawat larva, memberi makan dan membersihkannya.
  • Pupa – Setelah molting beberapa kali, larva akan jadi kepompong di dalam sel sarangnya.
  • Dewasa – Orang dewasa laki-laki selalu mabuk; perempuan mungkin pekerja atau ratu. Untuk 3 sampai 10 hari pertama kehidupan dewasa mereka, semua wanita adalah perawat yang merawat anak muda.

PERILAKU DAN DEFENSI KHUSUS

Lebah pekerja menyengat dengan ovipositor yang dimodifikasi di ujung perut. Penyengat berduri dan kantung racun terpasang bebas dari tubuh lebah saat lebah menyengat sasaran manusia atau lainnya. Kantung racun memiliki otot yang terus berkontraksi dan menghasilkan racun setelah terlepas dari lebah.

Baca Pengetahuan Terkait   Kera Babon

Jika sarang terancam, lebah akan berkerumun dan menyerang untuk melindunginya. Peternak jantan tidak memiliki stinger atau sengatan.

Peternak lebah madu mencari nektar dan serbuk sari untuk memberi makan koloni tersebut. Mereka mengumpulkan serbuk sari di keranjang khusus di kaki belakang mereka, yang disebut corbicula. Rambut di tubuh mereka dikenakan listrik statis, yang menarik serbuk sari. Nektar disuling menjadi madu, yang disimpan pada saat nektar mungkin kekurangan pasokan.

Lebah madu memiliki metode komunikasi yang canggih. Sinyal feromon saat sarang diserang, bantu ratu menemukan pasangan dan mengarahkan lebah mencari makan agar mereka bisa kembali ke sarangnya. Tarian waggle, rangkaian gerakan yang rumit oleh lebah pekerja, menginformasikan kepada lebah lain tempat sumber makanan terbaik berada.

HABITAT

Lebah madu membutuhkan persediaan bunga yang cukup banyak di habitatnya karena ini adalah sumber makanan mereka. Mereka juga membutuhkan tempat yang sesuai untuk membangun sarang. Di iklim beriklim sedang, tempat sarang harus cukup besar untuk lebah dan untuk penyimpanan madu untuk dimakan selama musim dingin.

JARAK

Meskipun berasal dari Eropa dan Afrika, Apis mellifea sekarang didistribusikan ke seluruh dunia, terutama karena praktik pemeliharaan lebah.

NAMA UMUM LAINNYA

Lebah madu Eropa, lebah madu Barat