Secara ilmiah, masuknya ular ke dalam rumah biasanya terjadi di saat musim kemarau. Mereka masuk ke dalam rumah tak lain adalah dengan melewati saluran pembuangan air seperti peceren, got, atau semacamnya untuk mencari sumber air. Meski termasuk hewan berdarah dingin, namun sebagai mahluk hidup ular tentunya juga sama seperti kita sama-sama membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup.

Kendati termasuk fenomena yang masuk akal, namun dalam kepercayaan adat Jawa, masuknya ular ke dalam rumah kerap kali dihubungkan dengan mitos-mitos tertentu. Konon, dalam mitos ini, kedatangan ular ke dalam rumah bisa menjadi pertanda tentang suatu kejadian yang sedang atau akan dihadapi si pemilik rumah dalam beberapa hari ke depan, lebih-lebih bila kejadian masuknya ular itu terjadi pada waktu angker seperti pada malam jumat atau waktu maghrib.

Arti Ular Masuk Rumah

Meski secara logika mitos tentang pertanda arti ular masuk rumah tidak bisa dijelaskan, kenyataannya masih banyak masyarakat kita saat ini yang tetap meyakininya. Bukannya tanpa alasan, mitos-mitos tersebut nyatanya memang sering terbukti kebenarannya.

Adapun dari beberapa pengamatan dan pengalaman beberapa, pertanda ular masuk rumah yang disampaikan dalam primbon Jawa sendiri secara umum hampir semuanya termasuk pertanda buruk. Pertanda buruk ini dirinci dengan melihat jenis ular yang masuk ke dalam rumah.

Berikut merupakan masing-masing mitosnya dengan jenis ularnya masing-masing

1. Ular weling masuk rumah

Yang pertama, ular weling. Dalam kepercayaan kejawen, ular weling dianggap termasuk hewan yang punya daya magis tinggi. Bila kita bertemu dengan ular ini di perjalanan, maka itu bisa menjadi pertanda sial atau larangan bagi kita untuk melanjutkan langkah kaki. Sementara bila kita menemukan ular ini di dalam rumah, itu bisa menjadi peringatan akan adanya janji yang belum terpenuhi. Perlu diketahui bahwa kata “weling” sendiri dalam bahasa Jawa berarti “mengingatkan“.

Baca Pengetahuan Terkait   Definisi dan Fakta Mengenai Palung Laut dalam

2. Ular hitam masuk rumah

Ular hitam atau ular sawah juga sering ditemukan masuk menyelinap ke dalam rumah warga. Bila menemukannya, janganlah teman-teman membunuhnya. Usirlah ia dengan sapu lidi, karena suara gemericik dari lidi-lidi yang beradu akan membuatnya takut dan menyingkir.

Adapun bila dikaitkan dengan ramalan Jawa, ular hitam yang masuk rumah nyatanya bisa menjadi pertanda kabar buruk bagi keluarga. Bisa saja hal yang tidak pernah terbayangkan telah terjadi dalam keluarga, misalnya perselingkuhan, pengkhianatan, adanya aib yang akan terbongkar, atau semacamnya.

3. Ular kobra masuk rumah

Ular kobra yang masuk rumah juga sebaiknya tidak dibunuh. Kecuali bila teman-teman telah mengusirnya, namun ia tetap kembali masuk rumah. Dalam mitologi Jawa, ular kobra kerap dikaitkan dengan penjelmaan arwah karuhun. Oleh karena itu, bila melihat ular ini masuk rumah, maka disarankan bagi teman-teman agar menggelar doa bersama untuk mengirimkan hadiah kepada leluhur-leluhur yang sudah mendahului.

4. Ular hijau masuk rumah

Ular hijau masuk rumah adalah pertanda memburuknya rejeki teman-teman dalam beberapa waktu yang akan datang. banyak sekali orang-orang yang telah membuktikan mitos ini. selain itu banyak sekali masyarakat pedesaan yang juga percaya jika ular hijau adalah pertanda rejeki akan datang.

 

Nah, mungkin itulah sedikit ulasan yang dapat disampaikan berkaitan dengan pertanda arti ular masuk rumah menurut primbon Jawa. Meski masuknya ular weling, ular hitam, ular kobra, maupun ular hijau ke dalam rumah membawa pertanda buruk, namun tetaplah positif thinking. Ingatlah bahwa segala sesuatu hanyalah takdir Allah yang menentukan terjadi atau tidaknya.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini