Narwhal atau narwhale (monodon monocerus) adalah paus bertanduk berukuran sedang atau odontocete, paling dikenal dengan tanduk panjang yang banyak diasosiasikan dengan mitos unicorn. bukan tanduk, tapi gigi taring yang menonjol. Narwhal dan satu-satunya anggota keluarga Monodontidae lainnya, paus beluga, tinggal di perairan Arktik dunia.

Carl Linnaeus menggambarkan narwhal di katalog Systema Naturae pada 1758-nya.

Nama narwhal berasal dari kata norse nar, yang berarti mayat, digabung dengan whal, untuk paus. Nama umum ini mengacu pada warna paus putih abu-abu belang-belang, yang menyebabkannya agak menyerupai mayat yang tenggelam. Nama ilmiah Monodon monocerus berasal dari ungkapan Yunani yang berarti “satu gigi satu tanduk”.

TANDUK UNICORN

Paus Beranduk atau Narwhal

Seorang narwhal laki-laki memiliki satu gading panjang. Tanduk kiri berongga yang tumbuh dari sisi kiri rahang atas dan melalui bibir paus. Tanduk tumbuh sepanjang kehidupan ikan paus, mencapai panjang 1,5 sampai 3,1 m (4,9 sampai 10,2 kaki) dan berat sekitar 10 kg (22 pon). Sekitar 1 dari 500 jantanmemiliki dua taring, dengan tanduk lainnya terbentuk dari gigi taring kanan. Sekitar 15% betina memiliki gading. Taring betina lebih kecil dari pada jantan dan tidak seperti spiral. Ada satu kasus yang tercatat betina yang memiliki dua gading.

Awalnya, ilmuwan menduga tanding jantan mungkin terlibat dalam perilaku perdebatan jantan, namun hipotesis saat ini adalah bahwa gading digosok bersama untuk mengkomunikasikan informasi tentang lingkungan laut.

tanduk itu kaya dengan ujung saraf paten, sehingga paus bisa melihat informasi tentang air laut. Giginya yang lain paus bersifat vestigial, membuat paus pada dasarnya tidak bergigi. Ini dianggap sebagai paus bergigi karena tidak memiliki piring baleen.

Baca Pengetahuan Terkait   Siklus Hidup atau Metamorfosis Kupu-kupu

DESKRIPSI

Paus Beranduk atau Narwhal

Narwhal dan beluga adalah “paus putih”.

Keduanya berukuran sedang, dengan panjang 3,9 sampai 5,5 m (13 sampai 18 kaki), tidak termasuk gading jantan. Jantan biasanya sedikit lebih besar dari betina. Berat badan berkisar antara 800 sampai 1600 kg (1760 sampai 3530 lb). betina menjadi dewasa secara seksual antara usia 5 dan 8 tahun, sementara pria dewasa berusia sekitar 11 sampai 13 tahun.

Paus telah berbintik-bintik pigmentasi abu-abu atau coklat-hitam di atas putih. Paus berwarna gelap saat lahir, menjadi lebih ringan seiring bertambahnya usia. jantan dewasa tua mungkin hampir seluruhnya putih. Narwhals kekurangan sirip punggung, mungkin untuk membantu berenang di bawah es. Tidak seperti kebanyakan paus, vertebra leher narwhals disambung seperti mamalia terestrial. Narinder betina memiliki tepi sayap belakang yang menyapu. Tebal ekor jantan tidak tersapu kembali, mungkin untuk mengimbangi seret tanduk.

TINGKAH LAKU

Narwhals ditemukan di polong dari lima sampai sepuluh paus. Kelompok ini mungkin terdiri dari usia dan jenis campuran, hanya jantan dewasa, hanya betina dan muda, atau hanya remaja. Di musim panas, kelompok besar terbentuk dengan 500 sampai 1000 paus. Paus ditemukan di samudra Arktik. Narwhals bermigrasi secara musiman. Di musim panas, mereka sering berada di perairan pantai, sementara di musim dingin, mereka pindah ke air yang lebih dalam di bawah bungkus es.

Mereka bisa menyelam sampai kedalaman yang ekstrim – sampai 1500 m (4920 kaki) – dan tinggal di bawah udara sekitar 25 menit.

Pasangan narwhals dewasa di bulan April atau Mei di luar negeri. Anak paus lahir pada bulan Juni atau Agustus tahun berikutnya (14 bulan kehamilan). betina panjangnya sekitar 1,6 m (5,2) kaki. Anak paus memulai hidup dengan lapisan tipis yang sedang mengental saat menyusui susu kaya lemak ibu. Masa bersama dengan anak selama sekitar 20 bulan, selama waktu tersebut mereka tetap sangat dekat dengan ibu mereka.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara Sederhana Membuat Barbel Ayam Aduan

Narwhals adalah predator sotong, ikan cod , udang, dan cumi-cumi dari lengan. Terkadang ikan lain dimakan, seperti juga batuan. Hal ini dipercaya batuan tertelan tidak sengaja saat ikan paus menyusu di dasar laut.

Narwhals dan paus bergigi lainnya menavigasi dan penasaran menggunakan klik, pukulan, dan peluit. Ekor digunakan untuk lokasi gema. Paus kadang membuat bunyi berdecit.

STATUS KEHIDUPAN DAN KONSERVASI

Narwhals bisa hidup sampai 50 tahun. Mereka mungkin mati karena diburu, kelaparan, atau mati lemas di bawah es batu beku. Sementara sedang predasi adalah oleh manusia, narwhals juga diburu oleh beruang kutub, walrus, paus pembunuh, dan hiu Greenland. Narwhals bersembunyi di bawah es atau tetap terendam dalam jangka waktu yang lama untuk menghindari predator,. Saat ini, sekitar 75.000 narwhals ada di seluruh dunia. Serikat Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) mengklasifikasikan mereka sebagai “Hampir Terancam”. Perburuan subsisten hukum di Greenland dan oleh orang-orang Inuit di Kanada.

References

Linnaeus, C (1758). Systema naturae per regna tria naturae, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis. Tomus I. Editio decima, reformata. Holmiae. (Laurentii Salvii). p. 824.

Nweeia, Martin T.; Eichmiller, Frederick C.; Hauschka, Peter V.; Tyler, Ethan; Mead, James G.; Potter, Charles W.; Angnatsiak, David P.; Richard, Pierre R.; et al. (2012). “Vestigial tooth anatomy and tusk nomenclature for Monodon monoceros“. The Anatomical Record. 295 (6): 1006–16.

Nweeia MT, et al. (2014). “Sensory ability in the narwhal tooth organ system”. The Anatomical Record. 297 (4): 599–617.