Buat temen-temen yang sedang di bangku sekolah, mungkin pernah disebutkan dibuku biologi ada jenis hewan memamah biak. Nah apakah teman-teman tau mengenai pengertian atau definisi dari hewan memamah biak ? nah berikut penjelasan singkatnya mengenai hewan mememah biak.

Pengertian atau definisi hewan memamah biak

Hewan memamah biak atau sering disebut ruminansia adalah sekelompok hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mencerna makanannya dalam dua langkah, yaitu dengan menelan makanan lebih dulu dan mengeluarkan makanan itu kembali dari perut ke mulut dalam keadaan sudah setengah dicerna untuk dikunyah kembali.

proses pencernaan makanan pada hewan memamah biak

Berikut adalah fase atau proses pencernaan makanan pada hewan memamah biak :

  1. Hewan memakanan rumput atau tumbuhan dengan mulutnya
  2. Makanan masuk ke dalam rumen, yaitu organ penyimpanan sementara makanan yang telah ditelan.
  3. Makanan kemudian masuk ke dalam retikulum. Disini makanan akan diaduk dan dicampur dengan enzim pencernaan hingga menjadi makanan setengah dicerna.
  4. Makanan didorong dari retikulum kembali ke mulut untuk dikunyah kembali.
  5. Makanan yang sudah dikunyah kembali kemudian ditelan dan masuk ke dalam omasum untuk digiling agar makanan menjadi lebih halus.
  6. Dari omasum, makanan yang telah digiling halus kemudian diteruskan ke abomasum yang merupakan perut sesungguhnya. Disinilah makanan benar-benar dicerna.

Manfaatnya dengan adanya proses dua langkah dalam mencerna makanan, membuat hewan memamah biak atau ruminansia menjadi lebih efisien dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanannya.

Contoh hewan memamah biakĀ 

Berikut adalah beberapa contoh hewan memamah biak :

  1. kambing
  2. sapi
  3. kerbau
  4. domba
  5. jerapah
  6. rusa
  7. kancil
  8. antelop
  9. bison.
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   8 Jenis Hewan yang Dapat Meprediksi datangnya Hujan