Bagi temen-temen yang gemar untuk memancing ikan maka ikan kakap merah akan menjadi salah satu target mancing yang aduhai.Menagpa ? kakap merah merupakan ikan mahal dan daging lezat saat di masak, ikan kakap menjadi salah satu ikan target favorit pancingan para pemancing.

Meskipun untuk menangkap kakap merah terbilang lumayan sulit, tetapi justru di situ lah sensasi sebenarnya. Apalagi kakap merah juga mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.

1. Menyiapkan Alat Memancing Ikan Kakap Merah

Alat pancing yang dipakai untuk memburu kakap merah bisa dilengkapi dengan joran (handline) atau pun tidak. Mata kail yang cocok dipilih dari bahan karbon yang berukuran 3/0-7/0. Sedangkan tali pancing/kenur (light tackle) bisa berupa tali monofilamen kelas 2-10 kg atau 4-30 lbs.

Reel (light spinning) yang dipakai berkisar antara 2-12 ball bearing. Lengkapi pula dengan joran sepanjang 180-230 cm dari bahan grafit. Teman-teman bebas menggunakan 1 atau 2 batang joran tergantung gaya memancing yang disukai. Pastikan joran tersebut bisa melengkung dari posisi tengah hingga ke ujung. Kelas joran yang ideal adalah 2-4 kg atau 6-10 kg.

2. Memilih Umpan yang Tepat untuk Ikan Kakap Merah

Tidak masalah Teman-teman menggunakan umpan yang masih hidup atau sudah mati yang penting kesegarannya tetap terjaga. Paling cocok, mancing ikan kakap memakai umpan berupa cumi-cumi, udang, ikan kembung, ikan kurisi, ikan selar, dan ikan-ikan kecil lainnya. Selain menggunakan umpan yang berjenis live bait, Kalian dapat memanfaatkan umpan buatan seperti metal jig, ichiku, sabiki, dan lain-lain.

Mengetahui Aturan Dasar seperti yang sudah disinggung di atas, ikan kakap merah hidup secara bergerombolan. Usahakan sebisa mungkin setiap ikan yang telah memangsa umpan harus bisa diangkat ke daratan. Sebab apabila tidak, umpan yang terlepas akan memberitahukan kepada gerombolannya untuk segera menjauh dari tempat yang penuh jebakan. Alhasil, teman-teman pun mesti bersusah payah lagi menemukan spot pemancingan yang bagus.

Baca Pengetahuan Terkait   Umpan Pancing untuk Ikan Tembakang

3. Teknik Memancing Jitu Ikan Kakap Merah

Waktu yang terbaik untuk berburu kakap merah pada saat sore hingga malam hari sebab gerak-gerik ikan lebih aktif. Ikan ini biasanya hanya mau memangsa makanan yang berada di depan mulutnya dan cenderung enggan mengejar mangsanya. Ikan ini juga lebih tergoda untuk melahap makanan yang hidup. Untuk meningkatakn daya tarik kakap merah dalam memangsa umpan, Kalian bisa menarik-ulur tali pancing sehingga seolah-seolah umpannya terlihat hidup.

Pertama kali mendapat pasti teman-teman akan ketagihan dan ingin mengulang kembali kesuksesan mancing kakap merah. Untuk bisa mengulang sukses mancing kakap merah, paling tidak kalian harus lihai menguasai Global Position System (GPS ) dan fishfinder.

Kedua alat ini saling berkaitan dalam memburu lokasi ikan kakap merah. Dimana lokasi mancing seperti rumpon, tandes atau karang biasanya akan direkam dalam titik koordinat. Permasalahan meskipun teman-teman sudah punya koordinat rumah ikan dan kalian sampai dilokasi yang ditunjukan koordinat, teman-teman harus kembali mengecek ulang lokasi tersebut dengan menggunakan fishfinder.

Dalam fishfinder teman-teman akan mendapatkan informasi detai l mengenai topografi dasar laut serta informasi kedalaman dan informasi mengenai ikan dan karang. Penguasaan kedua alat elektronik ini akan membuat kalian semakin kaya pengetahuan dan acara mancingmu lebih praktis dan ekonomis.

Teman-teman tidak buang-buang waktu mengarungi samudera luas tanpa tujuan dengan ikan yang belum tentu jelas, sehingga terjadi pemborosan tenaga, keuangan dan hasil kurang memuaskan. Lain halnya anda menguasai kedua alat ini, tujuan mancing akan jelas dan hasil pun tidak menebak-nebak lagi.