Habitat Undur-Undur

Undur undur hidup di dalam tanah berpasir halus yang terlindung dari cahaya matahari langsung. Keberadaan undur undur dapat diketahui dari banyaknya lubang yang mereka buat sebagai sarang mereka.

Makanan Undur-undur

Makanan undur undur adalah semut yang terjebak dalam lubang yang mereka buat. Undur undur makan dengan cara menghisap cairan tubuh semut, sementara bagian tubuhnya tidak dimakan.

Undur-undur berburu mangsa dengan cara membuat sarang jebakan berbentuk corong, lalu bersembunyi di tengahnya sambil menunggu ada mangsanya yang terjebak masuk ke dalam jebakan itu. Tetapi jika ada mangsa yang terjebak masuk namun masih bisa bergerak naik, undur-undur ini ngga bakal tinggal diam, dia akan melempari mangsanya dengan butiran pasir agar tergelincir.

Siklus Hidup atau Metamorfosis Undur-Undur 

Siklus Hidup Undur Undur

Metamorfosis pada undur undur adalah metamorfosis sempurna (telur, larva, pupa, dan imago). Undur undur termasuk dalam kelompok hewan holometabola, yaitu kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Berdasarkan ciri sayap dan mulutnya, undur undur masuk dalam ordo Neuroptera (serangga bersayap jala).

  1. Telur
    Capung undur undur betina biasanya akan meletakkan telur mereka di dalam tanah berpasir halus atau berdebu. Namun, ada juga jenis undur undur yang bertelur pada permukaan daun. Setelah 5 hari, telur akan menetas dan berkembang menjadi larva. Ditandai dengan adanya sarang berupa galian tanah.
  2. Larva
    Telur capung undur undur betina akan menetas menjadi larva yang kita kenal dengan nama undur undur atau doodlebug. Undur undur menghabiskan hampir seluruh hidupnya sebagai larva. Pada tahap ini, undur undur menggali lubang di pasir dan menunggu serangga lain, seperti semut, untuk lewat dan jatuh ke dalamnya. Dengan rahangnya yang besar, undur undur akan menghancurkan tubuh mangsanya hingga cairan tubuhnya keluar dan dihisapnya. Tahap larva berlangsung antara 1 hingga 3 tahun.
  3. Pupa
    Pupa adalah kepompong pada saat undur undur sudah tidak lagi melakukan kegiatan, pada saat itu juga terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ. Adanya gumpalan tanah berbentuk bola merupakan ciri undur undur dalam fase pupa. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 3 minggu sampai 1 bulan.
  4. Imago
    Imago adalah fase dewasa atau fase reproduktif undur undur. Imago lebih aktif saat malam (nokturnal). Makanan imago sebagai dewasa adalah nektar. Fokus utama imago undur undur adalah reproduksi. Capung undur undur dewasa dapat kawin hingga 2 jam lamanya. Imago hidup antara 1 bulan hingga 45 hari. Banyak orang yang tidak tahu kalau bentuk fase dewasa undur undur adalah capung. Meskipun demikian bentuk tubuh capung undur undur dengan capung biasa tidak sama.
Baca Pengetahuan Terkait   Luwak atau Musang Pandan dan Fakta Terkaitnya

Klasifikasi Ilmiah Undur-Undur 

  1. Kingdom: Animalia
  2. Phylum: Arthropoda
  3. Class: Insecta
  4. Order: Neuroptera
  5. Family: Myrmeleontidae
  6. Genus: Myrmeleon
  7. Species: formicarius
  8. Harapan hidup: 3 tahun (larva), 1 bulan (imago)

Nama latin undur undur adalah Myrmeleon formicarius. Myrmeleon merupakan penggabungan dua suku kata dari bahasa latin, mymex yang berarti semut dan leon yang berarti singa. Sehingga dalam bahasa inggris undur undur dikenal dengan nama antlion.

Kenapa Undur-Undur Jalannya Mundur ? 

Undur-undur memiliki sepasang kaki kecil di depan yang berguna untuk mendorong badan ke belakang, dan sepasang kaki panjang yang juga didesain untuk mendorong tubuh bagian depan untuk mundur. Ujung badannya yang runcing memudahkannya membenamkan badannya ke dalam tanah.

Jadi, undur-undur berjalan mundur karena kakinya lebih mudah untuk memundurkan badannya. Tujuannya berjalan mundur adalah agar bisa membenamkan tubuhnya ke tanah saat sedang membuat sarang jebakan, dan juga agar bisa menghadap ke atas saat menunggu mangsanya terjebak.

Manfaat Undur-Undur untuk Kesehatan Tubuh 

Undur undur berkhasiat menurunkan kadar gula penderita diabetes. Serangga ini mengandung zat sulfonylurea yang dapat melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin berfungsi menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah. Sebagai obat, undur undur hidup biasanya dimasukkan ke dalam kapsul tanpa dicuci sebelumnya, kemudian ditelan.

Cara Berburu Undur Undur 

  1. Ditiup dengan sedotan

    Dengan cara ditiup, massa pasir yang lebih ringan akan keluar terbawa tiupan angin. Sedangkan undur undur dengan massa yang lebih berat akan tertinggal, sehingga mudah ditangkap.

  2. Disendok dan diayak dengan jaring/ saringan teh

    Setelah disendok, undur undur yang diperkirakan ada di dalam sendok bersama pasir, dituang ke dalam jaring dan diayak, undur undur akan kelihatan dan mudah ditangkap.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini