Ingin memelihara kelinci ? tentu proses pertamanya ialah memilih kelinci yang baik di penjual kelinci. disana akan banyak sekali pilihan kelinci yang siap untuk kamu pelihara. lalu bagaimana cara dan ciri kelinci yang sehat untuk dipelihara ? berikut merupakan cici-ciri dan cara memilihnya :

1. Lihat matanya

Dengan melihat warna dan kecerahan matanya, kamu bisa sedikit menentukan kondisi kelinci tersebut. Biasanya jika matanya terlihat sayu (seperti layu) maka kondisi kelinci tersebut sedang tidak baik.

Jika kelinci tersebut terlihat cerah, matanya seperti bersinar maka bisa di pastikan kelinci tersebut mempunya mood yang sedang bagus.

2. Telinga gemetaran

Ciri kelinci yang sehat adalah tidak memperlihatkan ketakutannya akan sesuatu. Jadi kalau kamu melihat seekor kelinci yang telinganya gemetaran berarti dia sering mengalami ketegangan baik itu karena kondisi fisik ataupun lingkungan.

Kelinci yang sehat telinganya bergerak tergantung kondisi, biasanya ketika bermain dia menggerak-gerakan telinga tapi ketika tidur atau diam telinganya pun tidak bergerak.

Kalau gemetaran berarti itu pertanda kelinci tidak sehat secara fisik ataupun mental.

3. Perhatikan bagian anus

Tahap terahir cara memilih kelinci yang sehat adalah melihat bagian sekitar anus kelinci. Angkat sedikit ekor kelinci supaya bisa melihat bagian tersebut. Ciri-ciri kelinci sehat dilihat dari anusnya adalah sebagai berikut :

  • tidak basah
  • tidak terlihat darah
  • warnanya normal tidak pucat
  • tidak ada kotoran-kotoran yang menempel

 

Itulah 3 cara memilih kelinci yang sehat untuk kamu, jangan sampai kamu beli kelinci yang tidak sehat. Begitu kamu bawa pulang ternyata kelinci tersebut malah tambah parah kondisnya, sangat berbahaya.