Apa kamu tau bahwa warna air kencing kelinci itu berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatannya? Beberapa breeder menanyakan seputar warna air kencing kelinci yang tidak biasanya.

Sebagian dari mereka ada yang bilang air kencing kelincinya berwarna putih kental, ada yang bening, ada pula yang kekuning kuningan. Lalu apa yang menjadi masalahnya?

Kebanyakan orang khususnya pemula yang baru memelihara atau beternak kelinci tidak tau bahwa warna air kencing kelinci menandakan kondisi fisik kelinci tersebut. Padahal, tanpa harus pergi ke dokter hewan pun seorang pemula bisa menentukan kondisi kelinci itu lewat warna air kencingnya.

Berikut inilah kondisi kelinci sesuai dengan warna air kencingnya:

  1. Jika air kencing berwarna putih kental: berarti asupan gizi dan protein kurang. Kamu harus memperhatikan jadwal pemberian makanan kepada kelinci tersebut.
  2. Jika air kencing berwarna bening: kamu terlalu banyak memberikan sayuran atau makanan yang mengandung air berlebihan.
  3. Jika air kencing berwarna kekuningan: kelinci kekurangan sayuran, terlalu banyak serat.

Warna air kelinci yang bagus adalah seperti manusia, tidak terlalu kuning juga tidak putih. Mungkin terlihat seperti bening yang agak hijau kekuningan.

Itu semua tergantung pakan apa yang diberikan, jika pemberian makanannya sesuai dan cocok maka air kencing kelinci akan lebih cair, terlihat bening hijau kekuningan.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   5 Jenis Makanan yang Cocok untuk Ikan Guppy