Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut perkoloni.

Apakah dirumah temen-temen banyak semut ? Semut atay serangga koloni ini binatang kecil yang tak di sukai dan biasa di sebut binatang pengganggu. Semut tertentu, biasanya menyukai yang rasanya manis manis, tapi bukan berati rumah yang kita diami manis rasanya,”,sehingga semut sering bergerumul dan berderet deret datang kerumah.

Banyak semut di rumah temen-temen ? itu bukanlah hal menyenangkan, jika banyak muncul semut dirumah.  itu harus dibasmi atau di usir. karena menganggu, walaupun semut juga memiliki hak untuk hidup, Namun manusia juga butuh ketenangan dari gangguan semut.

Pandangan Semut Menurut Agama Islam

Dalam agama Islam membunuh semut adalah hal yang di larang serperti kutipan berikut,

“Umat muslim diperintahkan untuk tidak membunuh semut, berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah, Dan Muhammad bersabda bahwa, “Ada seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. Nabi tersebut lalu memerintahkan umatnya untuk mendatangi sarang semut kemudian membakarnya. Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya, “Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih.”

Pandangan Semut Menurut Agama Kristen

Sedangkan Dalam kitab suci Kristen (Alkitab) khususnya dalam bagian Perjanjian Lama yaitu Kitab Amsal 6:6-11, umat Kristen diajarkan untuk mencontohi teladan serangga kecil ini. Baik dalam etos kerjanya maupun dalam ketaatan kepada pemimpin, ketekunannya dalam menghadapi rintangan, kepekaan terhadap sekitarnya serta kebersamaan hidup dalam koloninya. Ini adalah hal yang baik bukan saja bagi pengentasan kemiskinan, tetapi juga dalam relasi dan budaya gotong royong yang mulai lenyap ditelan sikap individualis yang pesat merambah.

Baca Pengetahuan Terkait   7 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Rayap

Kutipan Amsal 6:6-11,”Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makananannya pada waktu panen. Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring”- maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang tak bersenjata.”

Jadi bagaimana sikap kita kepada semut yang yang menjengkelkan yang begitu menggangu kehidupan dan aktivitas kita, yah kembali kepada pribadi masing-masing, jika ingin mengusirnya. Dibawah ini  beberapa tips dan cara  menghalau kawanan semut nakal yang berkeliaran dirumah kita.

Cara Mengusir Semut Disekitar Rumah

Semut juga merupakan mahluk yang berhak hidup sama seperti hal kita manusia, maka dari usir dengan cara yang wajar, jangan membakarnya, dan berikut ini beberapa tips dan cara mengusir semut, diantaranya :

  1. Menaburkan bubuk vanilla disekitar tempat kita menyimpan makanan dan minuman.
  2. Membuat campuran antara setengah gelas sirup, 2 sendok makan ragi kering dan 2 sedok makan gula pasir kemudian setelah jadi campuran tersebut diolekan kepada selembar kertas atau karton lalu letakan diarea tempat sering munculnya semut.
  3. Taburan bubuk kayu manis disekitar tempat yang suka dilalui oleh semut bisa menghalau semut.
  4. Buat cairan semprot yang berasal dari perasan air jeruk nipis kemudian pakai kedaerah yang banyak semutnya.
  5. Bisa juga mengunakan cairan sabun pencuci piring caranya tinggal semprotkan saja kedaerah yang ada semut berkumpul.
  6. Membuat adonan dari boraks, gula dan air sehingga membentuk gel atau pasta, setelah jadi kita bisa mengoleskan kebeberapa tempat yang selalu menjadi jalan bagi semut.
  7. Campuran baking soda dan gula halus bisa digunakan juga untuk mengusir semut.
  8. Cara mudah lainya dengan menaburkan sisa ampas kopi yang kita minum ketempat-tempat semut  beraktifitas.
  9. Semut akan segera bermigrasi jika kita menaburkan tepung jagung disarang mereka.
  10. Cairan cuka pun sama cukup ampuh untuk mengusir semuan caranya dengan menuangkan ke sarang semut.
  11. Daun sirih ternyata bisa juga untuk mengusir semut, cukup remas beberapa daun sirih kemudian simpan ditempat gerombolan semut.
  12. Cara sadis mengusir semut bisa juga memakai air panas yang disiramkan kesarang semut tersebut.
  13. Taburan bubuk cengkeh bisa menghalau pasukan semut yang senang dengan makanan atau minuman manis kita.
  14. Goreng tanpa minyak kulit telur ayam hingga gosong lalu tumbuk menjadi halus dan taburkan kearea tempat semut sering berkeliaran.
Baca Pengetahuan Terkait   Teknik Cara Mancing Ikan Kakap Merah Terampuh

Demikian beberapa tips atau cara mengusir semut dari rumah, semoga semut-semut nakal yang suka menggangu temen-temen, lakukan dengan bijak jangan mudah membasmi semut dan ingatlah bahwa Allah SWT tidak semata-mata menciptakan mahkluk tanpa adanya hikmah dibalik itu semua. Semoga bermaanfaat.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini