Butuh saran makanan-makanan ikan koki supaya cepat besar? Ikan koki merupakan ikan hias air tawar yang cukup digemari oleh para penghobi di Indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang membulat sehingga tampak lucu dan menggemaskan. Biasanya ikan mas koki dipelihara di dalam akuarium yang telah dilengkapi dengan aerator dan fitrasi.

Di kalangan penggemarnya, ikan mas koki dikenal memiliki hobi makan yang tak habis-habisnya. Ikan ini sangat rakus hingga semua makanan yang diberikan untuknya pasti habis dilahap. Soal perkara jenis makanannya, ikan koki juga tidak terlalu mempermasalahkannya. Namun sebagai pemilik, tentu kita menginginkan agar makanan yang diberikan kepada ikan koki tersebut sanggup memicu pertumbuhannya sehingga lebih cepat besar.

Nah, berikut ini adalah makanan-makanan yang dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan badan ikan koki, antara lain :

Makanan I : Pelet

Sudah menjadi rahasia umum kalau pelet dapat merangsang perkembangan tubuh ikan menjadi lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan makanan ikan buatan ini mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap. Bahkan beberapa pelet mempunyai fungsi khusus apakah untuk menggemukkan tubuh ikan koki, meningkatkan kecerahan warna, atau membentuk jambul.

Setidaknya ada dua macam pelet yang dijual secara umum yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Pelet apung bagus diberikan ikan koki yang bersifat berdorsal contohnya ryukin, orando, dan demekin. Sedangkan pelet tenggelam cocok sekali untuk ikan koki yang memiliki karakteristik non-berdorsal seperti ranchu dan lionhead.

Makanan II : Cacing Sutera

Bentuknya yang halus layaknya benang sutera menyebabkan cacing ini dinamakan sebagai cacing sutera. Cacing sutera mengandung manfaat untuk merangsang pembentukan jambul serta mempercepat pertumbuhan badan ikan. Mengingat habitat aslinya berada di perairan yang cukup kotor, cacing sutera perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan mas koki. Caranya yaitu cuci lah cacing ini menggunakan air mengalir hingga kondisinya benar-benar bersih.

Baca Pengetahuan Terkait   6 Langkah Sederhana Cara Memandikan Landak Mini

Makanan III : Cacing Darah

Cacing darah biasa disebut juga dengan nama bloodworm. Cacing ini banyak mengandung kadar nutrisi penting yang cukup tinggi terutama lemak, protein, dan mineral. Oleh karena itulah, tidak sedikit para penghobi ikan koki yang menjadikan bloodworm ini sebagai pakan utama bagi ikan kesayangannya. Selain memburunya langsung di alam, Anda juga bisa membeli cacing darah di toko-toko ikan hias terdekat. Biasanya bloodworm ini dijual dalam kondisi beku.

Makanan IV : Kutu Air

Opsi makanan ikan yang penuh nutrisi selanjutnya apalagi kalau bukan kutu air. Ukurannya yang kecil tidak membuat gizi yang terkandung di dalam kutu air sedikit. Bahkan makanan ini mampu mencukupi kebutuhan pakan bagi ikan koki dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan para penghobi menggunakan kutu air untuk diberikan kepada ikan koki anakan. Usahakan pilih kutu air yang masih hidup agar nutrisinya maksimal.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini