Buaya merupakan salah satu reptil ganas yang sangat kuat dan besar. penghuni rawa ini menyimpan banyak sekali fakta yang jarang diketahui oleh teman-teman. apa aja sih fakta singkat mengenai buaya :

  1. Buaya tidak bisa menjulurkan lidahnya .
  2. Percaya tidak kalau buaya itu sebenarnya bisa ngeluarin air mata? Nah, air mata akan dihasilkan kalo mata seekor buaya jadi kering sehabis berlama-lama ada di luar air. Cairan itu berasal dari kelenjar lachrymal, dan air mata ini juga membantu membersihkan mata.
  3. Buaya menelan batu (Gastroliths). Fungsinya sebagai penggiling dan membantu pencernaan.
  4. Buaya memiliki kelopak mata yang normal, ditambah dengan kelopak mata transparan yang digunakan sebagai kacamata untuk berenang di bawah air.
  5. Buaya merupakan hewan reptil yang yang mempunyai bentuk fisik mirip dengan cicak raksasa.
  6. Ekor buaya bertindak sebagai dayung ketika berenang, sehingga membantu bergerak cepat di dalam air.
  7. Buaya sanggup bergerak cepat untuk menangkap buruannya. Buaya bisa mencapai kecepatan 18 km per jam. Ini juga tergantung jenis ukuran buaya.
  8. Buaya bisa bertahan hidup dengan satu santapan pertahun.
  9. Buaya tidak punya bibir. Itu sebabnya mulut seekor buaya tidak rapat waktu ditutup. Namun sewaktu buaya menyelam, ia menutup semua penutup khusus dalam tenggorokannya. Fungsinya, biar air tidak masuk kedalam paru-paru.
  10. Buaya tidak bisa menjulurkan lidah, tidak kayak lidah kita yang terhubung di ujung. Lidah buaya menempel di sepanjang mulutnya.
  11. Selain sangat cepat bergerak dalam air, buaya juga mampu berjalan di darat dengan kecepatan sekitar 28 mil/jam atau sekitar 45 km/jam.
  12. Buaya tidak bisa berkeringat karena tidak mempunyai kelenjar keringat, buaya mengeluarkan panas tubuhnya melalui mulut dengan cara menguap.
  13. Buaya terbesar yang pernah ditemukan adalah buaya jenis saltwater atau air asin dengan ukuran panjang mencapai 6.5 meter.
  14. Buaya terpendek yang sudah maksimal pertumbuhannya adalah buaya jenis Caviers Dwarf Carma yang hanya memiliki panjang sekitar 1.5 meter.
  15. Jika mendapat bahaya, induk buaya bisa memasukkan anaknya ke dalam mulut. Bukan untuk dimakan, tapi supaya anaknya aman dari bahaya tersebut. Hal ini sama dengan yang dilakukan ikan mujair pada kondisi yang serupa pula.
  16. Buaya bisa hidup hingga berumur sampai 60 tahun. Hampir sama dengan manusia modern.
  17. Buaya sungai Nil adalah salah satu yang paling agresif dan rakus dari semua spesies buaya, bahkan tidak jarang menyerang manusia.
  18. Untuk mendinginkan tubuh, reptil berdarah dingin ini banyak menghabiskan waktu di tepi sungai dengan mulut terbuka lebar. Beberapa spesies diketahui mendapatkan bantuan dari burung kecil untuk membersihkan parasit dari gigi mereka.
  19. Spesies buaya tertentu seperti buaya Kuba, buaya kerdil Afrika, dan buaya New Guinea dapat berlari kencang saat berada di daratan.
  20. Rentang hidup buaya berkisar 80 tahun.
  21. Di beberapa komunitas suku tradisonal, kulit buaya dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberanian.
  22. Buaya mempunyai 18 jari. Dan memiliki 5 jari terpisah pada masing- masing kaki depannya, dan 4 jari berselaput pada masing- masing kaki belakangnya.
  23. Seekor buaya betina bisa bertelur sampe 80 butir per tahun dan bisa berkembang biak selama 50 tahun.
  24. Buaya mempunyai 4 labirin dalam jantungnya.
  25. Tahun 1960-an, buaya air asin di Australia diperkirakan hamper punah. Setelah undang- undang perlindungan diberlakukan, populasinya langsung melonjak sampai lebih dari 100 ribu ekor.
  26. Tergantung pada spesiesnya, buaya bisa tumbuh sampai sepanjang 5 meter.
  27. Habitat alami buaya adalah sungai, lahan basah, danau, dll. Kadang-kadang mereka juga ditemukan hidup dalam air berlumpur atau air payau yang menawarkan kamuflase sangat baik saat berburu.
  28. Buaya air asin adalah spesies buaya terbesar. Spesies ini dapat tumbuh sampai sepanjang 7 meter dengan berat mencapai sekitar 1 ton.
  29. Spesies buaya terkecil adalah buaya kerdil yang memiliki panjang sekitar 2 meter.
  30. Buaya betina dapat bertelur antara 20 sampai 80 butir yang diletakkan dalam lubang kecil sebagai sarang.
  31. Telur buaya akan menetas setelah sekitar 80 hari.
  32. Makanan utama buaya meliputi ikan, mamalia, burung, atau buaya kecil.
  33. Spesies pertama buaya muncul 240 juta tahun yang lalu dan dikatakan berevolusi dari dinosaurus. Buaya terkait erat dengan dinosaurus dan burung dibandingkan dengan reptil lainnya.
  34. Air mata buaya berasal dari kelenjar lachrymal dimana air mata buaya juga dapat membersihkan mata mereka.
  35. Ternyata buaya sering menelan batu atau biasa disebut dengan gastroliths dimana hal ini dilakukan untuk membantu buaya dalam proses pencernaan serta sebagai penggiling.
  36. Kelopak mata pada buaya mempunyai bentuk yang normal.
  37. Meskipun buaya memiliki 24 gigi pada setiap rahang, gigi ini tidak digunakan untuk mengunyah melainkan untuk menangkap dan merobek mangsa.
  38. Agar bisa menyelam lebih dalam di air, buaya menelan batu-batu kecil agar tubuhnya menjadi lebih berat.
  39. Mata buaya memiliki lapisan membran tipis di belakang retina yang disebut tapetum. Membran ini memantulkan cahaya sehingga membuat mata mereka bersinar seperti titik merah mengkilap.
  40. Kulit punggung buaya begitu kasar dan keras. Kulit ini tidak mempan ditusuk tombak atau ditembus anak panah.
  41. Spesies buaya terbesar di dunia adalah Crocodylus porosus atau buaya air asin (juga dikenal sebagai buaya muara). Mereka begitu ganas sehingga mampu berburu mangsa yang lebih besar dari tubuh mereka.
Baca Pengetahuan Terkait   Propsek Budidaya dan Kisaran Harga Jangkrik 2018
41 Fakta Singkat Mengenai Buaya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini