Pakan alami ikan sebenarnya bisa kita temui di sekitar kita. Karena Ikan mas mempunyai kecenderungan sebagai ikan pemakan segala baik tumbuhan maupun hewan.

Budidaya ikan mas hingga ketika ini memiliki potensi keuntungan yang begitu banyak, petani biasanya memelihara ikan ini di tambak-tambak sendiri. Mereka kebanyakan memberinya untuk pakan berupa pakan protesis untuk meningkatkan kecepatan proses pertumbuhan ikan mas.

Peluang menerima keuntungan akan semakin akbar manakala ikan-ikan mas yg dibudidayakan sejak berdasarkan kecil tersebut sanggup tumbuh menggunakan pesatnya pada saat yang singkat sampai mencapai bobot yg ideal untuk dijual ke pasar.

Pemakaian pakan protesis buat ikan mas memang terbukti sanggup mempercepat pertumbuhannya. Tetapi semakin mahalnya harga pakan protesis akhir-akhir ini menciptakan porto produksi meningkat. Bahkan pada beberapa loka, harga pakan buatan terhitung sangat mahal hingga membuat petani akan merugi bila monoton menggunakannya. Satu-satunya solusi buat mengatasi kasus tadi yakni menggunakan pakan alami yg notabene harganya lebih murah sebagai akibatnya biaya  produksi dapat ditekan.

1. Cacing Tanah

Hampir semua ikan menyukai cacing tanah sebagai makanannya. Apalagi ikan mas yg merupakan hewan hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan & memiliki norma makan yang rakus sekali. Cacing tanah banyak mengandung protein yang sangat rupawan buat pertumbuhan ikan mas. Anda bisa menemukan cacing tanah di tempat sampah dan kebun. Sebelum ditebarkan ke kolam, cacing tanah perlu dicuci higienis terlebih dahulu.

2. Cacing Sutra

Cacing sutra pula sangat disukai sang ikan mas. Cacing ini umumnya berada masih ada di perairan yg kotor & tergenang. Ukurannya sangat halus dan berwarna merah muda. Sayangnya cacing sutera kerap membawa bibit penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan cacing ini terlebih dahulu lalu merendamnya di air higienis selama tiga hari berturut-turut.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara Memelihara Burung Hantu yang Baik dan Benar

3. Kroto

Kroto adalah telur semut yang berjenis rang-rang. Ukurannya yg relatif besar  menciptakan telur semut rang-rang pula ukuran lebih besar  daripada jenis semut yang lain. Kroto mengandung protein yang sangat tinggi. Saat ini telah poly peternak kroto sehingga Anda sanggup membelinya dengan gampang. Kalau ingin yg gratis, Anda bisa mencarinya di pepohonan yang rimbun. Kroto yang telah dihasilkan sanggup eksklusif disebar ke kolam ikan mas.

4. Ulat Daun Pisang

Di antara jenis ulat yang lainnya, kami lebih menyarankan penggunaan ulat daun pisang menjadi kuliner ikan mas. Bahkan ulat ini sanggup dijadikan kuliner pokok karena mengandung nutrisi yang relatif lengkap. Ulat daun pisang bisa ditemukan menggunakan gampang jika poly kebun pisang di lebih kurang area pertambakan. Jika Anda melihat daun pisang yang tergulung, kemungkinan besar  terdapat ulat ini pada dalamnya.

5. Sekam Padi

Ikan mas nir hanya memakan daging-dagingan, namun pula tumbuhan. Pemberian sayur-mayur sebenarnya sangat cantik namun harganya relatif mahal. Anda mampu mengatasi hal ini menggunakan merogoh sayur-sayuran bekas pada pasar yg biasanya dibuang begitu saja sang pemiliknya. Kalau mau yg lebih praktis, Anda mampu memanfaatkan sekam padi yg dicampur kotoran sapi, tetes tebu, tepung ikan, dan arang kelapa yg dibuat sebagai pelet .

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini