Arowana Jardini (Scleropages jardini) biasa juga dikenal dengan Australian arowana, Gulf Saratoga, Pearl arowana dan beberapa sebutan nama lainnya. Jenis arowana yang satu ini merupakan ikan arowana endemik yang ditemukan di Papua bagian selatan (Indonesia), Papua Nugini dan Australia bagian utara. Ikan dari family Osteoglossidae ini merupakan satu dari dua jenis ikan yang dikenal dengan Australian arowana (spesies lainnya adalah S. leichardti).

Jardinii ditemukan pada habitat baik perairan berarus cepat ataupun perairan tenang seperti rawa ataupun sungai dengan beberapa vegetasi permukaan. IUCN Red List menganggap ikan ini tidak berada pada status bahaya ataupun terancam. Ukuran tubuh Arowana jardinii dapat mencapai sekitar 90 cm di alam bebas dengan rekor berat 17,2 Kg, namun di dalam aquarium biasanya akan mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil. Ikan ini mempunyai tubuh yang panjang (memanjang) dengan warna perak keabu-abuan cenderung gelap.

Pada tubuhnya memiliki tujuh deret sisik yang besar dengan pada tiap deret sisik mempunyai pola warna yang cenderung kemerahan atau ke-pink-an yang berbentuk seperti bulan sabit pada bagian ujung tiap sisik. Kedua sirip dada berukuran cukup lebar sehingga menyerupai sayap. Sirip ikan berwarna kehijauan dan kuning, jika diamati secara rinca maka pada sirip terdapat pola dengan warna  kemeran atau orange. Dengan bertambahnya usia, tubuh ikan akan mengembangkan warna orange. Secara fisik, arowana jardinii mirip dengan spesies Asian arowana (S. formosus), perbedaanya hanya terletak pada warna yang lebih pudar dan ukuran sisik yang lebih kecil. Arowana jardinii mempunyai dua barbel (sungut) pada bibir bagian bawah, khusus untuk pejantan barbel akan memanjang sampai diatas rahang atasnya.

Baca Pengetahuan Terkait   4 Susunan Substrat atau Media dalam pembuatan Aquascape

TAKSONOMI

Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Osteoglossiformes
Family Osteoglossidae
genus Scleropages
Species Scleropages jardinii

Ikan yang terkadang dikenal dengan sebutan Arowana irian ini hidup pada kondisi range pH yang cukup lebar yakni 6-7,5 dan pada suhu 22-270C. Selain itu juga dianjurkan untuk merawatnya dalam air berkesadahan rendah. pH adalah faktor penting yang perlu diperhatikan, hal ini disebabkan jika pH melebihi 7,5 akan menyebabkan masalah buat mata ikan. Arowana jardinii merupakan ikan yang sangat sensitif terhadap kondisi air, terutama kandungan ammonia dan nitrat harus dijaga tetap nol. Sistem filtrasi harus efektif untuk menjaga air tetap bersih dan sekitar 15-25% air diganti tiap minggunya. Alasan lain untuk menjaga kondisi air prefect ialah karena ikan ini rawan terkena masalah pembusukan pada sirip. Ukuran tangki minimum yang dianjurkan untuk perawatan ialah 180cm x 60cm x 60cm dengan kapasitas air 680 liter. Ikan ini membutuhkan space renang yang cukup luas sehingga dekorasi tangki bukanlah suatu hal yang penting. Bagian atas tangki perlu untuk diberi penutup mengingat reputasi ikan yang dianggap sebagai pelompat handal.

Arowana jardinii mempunyai temperamen yang lebih buruk dibanding arowana silver dan sangat gampang terkejut (stress). Ikan ini juga lebih agresif sehingga sangat tidak dianjurkan untuk pemula. Beberapa sumber menyebutkan ikan ini bersifat teritorial sehingga tidak dianjurkan untuk menggabungkannya dengan jenis arowana lain dalam satu tangki. Namun bukan berarti tidak ada tankmate yang cocok, ikan-ikan seperti pleco, oscar, catfish, silver dollar, red belly pacu, knifefish, datnoid, cichlid merupakan contoh ikan yang dapat dijadikan tankmate. Hal yang penting untuk memilih tankmate adalah selisih ukuran tubuh ikan yang harus berimbang. Ikan yang jauh lebih agresif dan bersifat sangat teritorial tidak dianjurkan untuk tankmate ikan ini seperti arowana jenis lain dan jenis managuense. Jumlah ikan dalam satu ikan juga mempengaruhi kenyamanan ikan karena kekurangan area gerak, jika tangki cukup besar maka jumlah ikan 6-10 ekor dianggap cukup untuk tidak menimbulkan perkelahian. Namun untuk lebih menjaga kenyamanan ikan, lebih baik kalau ikan dirawat dalam individu.

Baca Pengetahuan Terkait   Katak pohon Jawa (Rhacophorus javanus) dan Berbagai Fakta Ilmiahnya

Arowana jardinii merupakan ikan karnivora yang membutuhkan varietas makanan dengan nutrisi yang cukup. Jenis makanan sangat perlu diperhatikan, makanan yang terlalu banyak mengandung lemak akan menimbulkan resiko terjangkitnya penyakit pada ikan. Ikan hidup yang dijadikan makanan juga beresiko mengandung parasit. Oleh karena itu, faktor makanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan. Alternatif yang lebih baik ialah memberi makanan yang bervariasi mulai dari cacing tanah, pakan beku atau kering seperti cacing darah, remis dan pellet ikan. Saat ukuran ikan dibawah 12 inchi, pemberian makanan dapat dilakukan beberapa kali perhari sedangkan saat ukuran ikan diatas 12 inchi, pemberian makanan hanyalah sekali perhari. Sisa makanan yang tidak dimakan haruslah segera disingkirkan untuk menjaga kualitas air.

Pembedaan jenis kelamin diketahui melalui bentuk tubuh dan lebar mulut. Arwana jantan mempunyai  tubuh lebih langsing dan sempit, mulut lebih besar dan warna lebih mencolok daripada betina. Mulut yang melebar dengan rongga besar digunakan untuk tujuan inkubasi telur. Perbedaan lain adalah ukuran kepala jantan relatif lebih besar, sifat lebih agresif termasuk dalam perebutan makanan. Sedikit peternak ikan telah berhasil membudidayakannya. Teknik pemijahan (breeding) sangat sulit bila dilakukan dalam aquarium, dan kemungkinan berhasil bila dilakukan di kolam. Sama seperti spesies dari Asia, Arowana jardinii adalah spesies mouthbrooder namun perbedaannya induk betina tidak akan menjaga anakan ikan selama proses mengerami. Anakan ikan hanya sekali berada di mulut  induk betina, mereka akan meninggalkannya untuk mencari makan. Jika bahaya mendekat, induk betina akan memberi signal untuk mereka kembali. Anakan ikan secara perlahan akan menjauh dari sang induk sampai mereka cukup besar intuk menjaga dirinya sendiri.

Baca Pengetahuan Terkait   Burung Kuau Raja

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini