Saat kita belajar tentang makhluk hidup dan lingkungannya (Ekologi), kita tidak akan terlepas dari teori dan definisi tentang Individu, Populasi, Habitat, Komunitas dan Ekosistem. Hal-hal ini perlu kita pelajari untuk dapat mengerti secara jelas ruang lingkup makhluk hidup dan lingkungannya. Di artikel ini CintaSains akan membahas mengenai definisi Individu, Populasi, Habitat, Komunitas dan Ekosistem.

Definisi atau Pengertian Individu

Individu adalah makhluk tunggal yang tidak bisa dibagi lagi. Kata Individu berasal dari bahasa Latin, yaitu “Individuum” yang artinya “yang tak terbagi”. Contoh Individu : Budi (nama orang), sebuah Pohon Mangga, seekor Kupu-kupu dan lain-lain.

Definisi atau Pengertian Populasi

Populasi adalah kumpulan Individu sejenis yang mampu berkembangbiak dan berada di suatu tempat atau wilayah yang sama pada waktu yang sama. Contoh Populasi : Di sebuah Danau terdapat Populasi Ikan, Populasi Teratai, Populasi Katak dan lain-lain.

Definisi atau Pengertian Habitat

Habitat adalah tempat suatu makhluk hidup melangsungkan kehidupannya. Contoh Habitat : ikan Gabus hidup di sungai atau di air tawar. Ia melangsungkan seluruh aktivitas hidupnya di sungai atau di air tawar. Ia tumbuh dari kecil hingga dewasa, mencari makan dan berkembangbiak disana. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Habitat ikan Gabus adalah di sungai atau di air tawar.

Definisi atau Pengertian Komunitas

Komunitas adalah kumpulan dari berbagai Populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Contoh Komunitas : Populasi Ikan, Populasi Ganggang dan Populasi hewan di sekitarnya membentuk Komunitas Terumbu Karang. Saat Terumbu Karang mengalami kerusakan, maka Populasi Ikan, Ganggang dan hewan lainnya akan ikut terganggu.

Baca Pengetahuan Terkait   Penjelasan Lengkap Cara Ekolokasi Kelelawar Bekerja

Definisi atau Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara Komunitas makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem di bagi menjadi Dua, yaitu Ekosistem Alam atau Ekosistem yang terbentuk secara alami dan Ekosistem Buatan atau Ekosistem yang terbentuk dengan campur tangan manusia. Contoh Ekosistem Alam : Ekosistem Gunung, Ekosistem Laut, Ekosistem Hutan dan lain-lain. Contoh Ekosistem Buatan : Ekosistem Waduk, Ekosistem Sawah, Ekosistem Kebun Binatang dan lain-lain.