Lautan terdiri dari air asin, yang merupakan kombinasi dari air tawar, ditambah mineral yang secara kolektif disebut “garam.” Garam ini bukan hanya natrium dan klorida (unsur yang membentuk garam meja kami), tapi mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan potassium, antara lain. Garam-garam ini masuk ke laut melalui beberapa proses kompleks, termasuk berasal dari bebatuan di darat, letusan gunung berapi, angin dan ventilasi hidrotermal.

Berapa banyak garam ini ada di lautan?

Salinitas (asin) samudera sekitar 35 bagian per seribu. Ini berarti bahwa dalam setiap liter air, ada 35 gram garam, atau sekitar 3,5% dari berat air laut berasal dari garam. Salinitas laut tetap cukup konstan seiring berjalannya waktu. Memang sedikit berbeda di daerah yang berbeda.

Salinitas laut rata-rata adalah 35 bagian per seribu namun bisa bervariasi dari sekitar 30 sampai 37 bagian per seribu. Di beberapa daerah di dekat pantai, air tawar dari sungai dan sungai dapat menyebabkan laut kurang asin. Hal yang sama bisa terjadi di daerah kutub dimana ada banyak es – saat cuaca hangat dan es mencair, lautan akan memiliki salinitas yang lebih sedikit. Di Antartika, salinitasnya bisa sekitar 34 ppt di beberapa tempat.

Laut Mediterania adalah daerah dengan lebih banyak salinitas, karena relatif tertutup dari sisa lautan, dan memiliki suhu hangat yang menyebabkan banyak penguapan.

Saat air menguap, garam tertinggal.

Sedikit perubahan salinitas bisa mengubah densitas air laut. Lebih banyak air garam lebih padat daripada air dengan sedikit garam. Perubahan suhu juga bisa mempengaruhi laut. Air asin yang dingin lebih padat daripada air hangat dan segar, dan bisa tenggelam di bawahnya, yang bisa mempengaruhi pergerakan air laut (arus).

Baca Pengetahuan Terkait   Definisi Lengkap Mengenai Tentakel

Seberapa Banyak Garam di lautan ?

Menurut USGS, ada cukup garam di lautan sehingga jika Anda memindahkannya dan menyebarkannya secara merata di atas permukaan bumi, maka akan menjadi lapisan setebal 500 kaki.

RESOURCES AND FURTHER INFORMATION
  • Helmenstine, A.M. Why Is the Ocean Salty?About.com. Accessed March 18, 2013.
  • Office of Naval Research. Ocean Water: Salinity. Accessed March 31, 2013.
  • NASA. Salinity. Accessed March 31, 2013.
  • National Earth Science Teachers Association: Windows to the Universe. The density of Ocean Water. Accessed March 31, 2013.
  • NOAA. Salinity Data. NOAA National Oceanographic Data Center. Accessed March 18, 2013.
  • Rice, T. 2009. “Why Is the Sea Salty.” In Do, Whales Get the Bends?. Sheridan House: New York.
Fakta Mengenai Asin dan Garam di Laut
5 (100%) 1 vote