Daerah kutub adalah ujung bumi – daerah sekitar Kutub Utara dan Selatan. Daerah ini dikenal sebagai Arktik dan Antartika. Kedua daerah ini mengalami ekstrem dalam cuaca dingin dan ketersediaan sinar matahari. Di sini Anda bisa belajar lebih banyak tentang habitat kutub dan dingin ini dan siapa yang tinggal di sana.

Latar Belakang:

Sementara Kutub Utara dan Antartika terasa dingin dan di kutub bumi, ada banyak perbedaan antara kedua wilayah tersebut.

LOKASI DAN NEGARA DI DAERAH KUTUB

Kutub Utara mengelilingi Kutub Utara, yang tidak pernah ditandai secara resmi karena ditutupi oleh pergeseran, es terapung. Ada beberapa negara di wilayah Arktik – Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia dan Rusia. Manusia telah hidup di Arktik sejak zaman prasejarah, dan jutaan orang tinggal di wilayah ini sekarang.

Sebaliknya, satu-satunya daratan di Antartika adalah benua Antartika, yang dimiliki oleh negara manapun, namun diatur oleh sebuah perjanjian yang menyatakan bahwa benua tersebut dapat digunakan untuk tujuan ilmiah yang damai. Kutub Selatan ditandai dengan penanda kuningan dan tembaga yang ditempatkan di es. Sejauh menyangkut manusia, populasinya jauh lebih kecil daripada di Arktik. Tidak ada populasi Antartika asli (asli). Namun, kawasan ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan setiap tahunnya, dan berbagai negara telah mendirikan stasiun penelitian ilmiah, yang dihuni sementara.

CUACA

Daerah kutub menerima lebih sedikit sinar matahari daripada bagian lain Bumi, dan kadang-kadang, tidak ada sinar matahari sama sekali. Selama musim dingin, beberapa daerah mengalami kegelapan atau senja – matahari tidak pernah sepenuhnya naik. Selama musim panas, mungkin ada cahaya selama 24 jam penuh. Arktik disebut “Land of the Midnight Sun” karena di Kutub Utara, matahari sudah terbenam sepanjang musim panas.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara dan Ciri Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina

Arktiknya dingin (suhu rata-rata adalah -40 derajat F di musim dingin dan 32 derajat F di musim panas), namun Antartika benar-benar dingin – suhu rata-rata adalah -76 derajat F di musim dingin dan hanya -18 derajat F bahkan di musim panas.

Tantangan:

Tantangan di daerah ini bisa termasuk sangat dingin dan kurang sinar matahari pada beberapa waktu dalam setahun. Seperti yang dihangatkan di planet ini, kekurangan es akan menjadi tantangan bagi beberapa kehidupan laut dan keuntungan bagi orang lain (seperti paus pembunuh, yang dapat memperluas jangkauan dan mungkin menemukan lebih banyak mangsa).

Jenis Kehidupan Laut:

Kehidupan laut di daerah kutub meliputi:

  • Burung, seperti punguin kaisar, yang tinggal di Antartika, tapi bukan Arktik
  • Paus
  • Anjing laut dan walrus
  • Beruang Kutub (di Kutub Utara, tapi bukan Antartika)
  • Invertebrata
  • Ikan
  • Plankton (zooplankton dan fitoplankton)

Konservasi:

Daerah kutub, terutama Arktik, terancam oleh perubahan iklim. Cuaca yang lebih hangat akan berarti lebih sedikit es, dan es yang lebih tipis, memberi hewan seperti anjing laut dan beruang kutub kurang habitatnya. Air hangat juga dapat meningkatkan produktivitas beberapa spesies, seperti plankton. Namun, yang dikombinasikan dengan penurunan cakupan es, memungkinkan spesies lain pindah ke wilayah Arktik, memiliki pengaruh pada habitat, ketersediaan mangsa dan pemangsaan spesies Kutub Utara dan Antartika asli, yang banyak di antaranya telah berevolusi untuk hidup dengan unik. habitat.

Ancaman lainnya termasuk polusi, peningkatan eksplorasi dan pengiriman minyak dan gas, dan kemungkinan penangkapan berlebih.

References and Further Information:

  • Census of Marine Life. Arctic Ocean Diversity. Accessed January 31, 2013.
  • Munro, N. 2009. Polar Oceans: the Biological Ocean. Accessed January 31, 2013.
  • NOAA. Arctic Theme Page. Accessed January 31, 2013.
  • ScienceDaily. 2012. The Challenges Facing the Vulnerable Antarctic. Accessed January 31, 2013.
  • Smith, T. 2012. “Significant Challenges” for Life in the Arctic Ocean, Says Report. Responding to Climate Change. Accessed January 31, 2013.
  • The Pew Environment Group. Arctic Challenges. Accessed January 31, 2013.
  • Woods Hole Oceanographic Institution. Compare the Poles. Accessed January 29, 2013.
  • WWF. The Arctic. Accessed January 31, 2013.
Baca Pengetahuan Terkait   Ikan Sturgeon
Penjelasan Habitat di Kutub
5 (100%) 1 vote