Saya suka aquascaping dan telah belajar aquascape selama hampir satu tahun, disini saya mau berbagi pengalaman awal saya bermain aquascaping. Masalah pertama yang saya temukan dalam aquascaping adalah munculnya alga atau lumut pada daun dan batuan dalam aquascape saya. Tumbuhnya lumut dalam aqascape ini tentu sangat mengganggu keindahan dan estetika akuarium.

Awalnya pada batuan latar belakang muncul bintik-bintik hijau yang kemudian tumbuh menjadi benang-benang lumut. Hampir seluruh permukaan batuan itu tertutup oleh lumut yang semakin lama semakin panjang. Tak hanya di batuan, bahkan lumut itu tumbuh pada daun tanaman air yang saya tanam.

Awalnya ketika baru tumbuh di batuan, lumut ini nampak indah sebagai penghias. Namun setelah tumbuh di daun tanaman air saya pikir sudah sangat mengganggu. Namun tak sampai disitu saja, yang awalnya lumut hijau yang tumbuh..mulai muncul lumut lain yang berwarna hitam.

Ikan corydoras Pembersih Lumut Alga Akuarium

Hmmm…sangat mengganggu sekali lumut hitam ini karena tumbuhnya sangat cepat dan dalam sekejap lumut hijau kalah bersaing dengan si hitam. Akhirnya saya putuskan untuk membeli hewan pemakan lumut atau alga eater untuk mengatasinya. Saya membeli corydoras yang katanya jago makan alga dan saya kasih siput kecil pula.

Namun entah kenapa si corydoras tidak begitu berguna karena hanya sedikit sekali makan lumut. Si siput juga karena ukurannya yang kecil tidak begitu membantu.

Karena sudah putus asa dengan masalah lumut akhirnya aquascape itu jarang saya urus. Sampai pada suatu hari saya iseng beli ikan platy / plati jenis black-gold lyretail dan tricolor mickey mouse dan saya pelihara dalam akuarium tadi. Tak disangka-sangka ikan-ikan kecil itu justru sangat efektif memakan lumut.

Baca Pengetahuan Terkait   Terkena Gigitan Tomcat, Gejala, Cara Mengatasi dan Mencegah Terbukti

Ikan yang masih keluarga ikan gondok atau teri itu begitu rakus memakan semua lumut baik hijau maupun hitam. Alhasil aquascape saya jadi bersih dan terbebas dari lumut setelah satu minggu hehe. Platy-platy itu terbukti sangat efektif dalam memakan lumut, lebih baik dari si corydoras dan siput.
Dari pengalaman ini saya jadi menemukan fakta yang sangat menarik..Ikan platy ternyata sangat baik untuk aquascape karena akan memakan lumut dengan rakusnya.

Memang di alamnya, ikan ini adalah omnivora, meraka akan memakan baik hewan dan tumbuhan yang mereka temukan. Namun dalam aquascape mereka idak akan memakan tanaman air karena mulut mereka hanya mampu memakan tumbuhan-tumbuhan lembut macam lumut. Saya jadi semangat lagi untuk mengurus aquascape nih gara-gara si platy hehe.

DitulisĀ 

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini