Burung hantu celepuk merupakan salah satu jenis burung hantu yang paling gampang dipelihara. Menurut orang yang ahli begitu. Salah satu yang menjadi patokannya mungkin adalah makanan celepuk yang mudah dicari.

Makanan Utama Burung Hantu Celepuk

Makanan burung hantu celepuk adalah jangkrik. Kebanyakan burung hantu yang berbadan kecil makannya jangkrik. Bisa juga dikasih makan ulat hongkong, tetapi dalam porsi yang sangat kecil karena ulat hongkong dapat menyebabkan bulu celepuk rontok.

Memelihara celepuk sebaiknya dari masih kecil (chick atau yang bulu kapas). Sehingga dia akan menganggap anda sebagai orang tuanya.

Cara Memberi Makan Burung Hantu Celepuk

Cara memberi makan celepuk yang masih kecil adalah dengan mendekatkan jangkrik ke dekat paruh si celepuk. Biarkan dia mematuknya sendiri. Lakukan hal tersebut sampai dia tidak mau mematuk lagi. Artinya dia sudah kenyang.

Untuk burung yang sudah agak besar, anda bisa memberinya bayi tikus putih seminggu sekali. Anda bisa memasukkan bayi tikus tersebut ke dalam sebuah kardus yang agak lebar bersama dengan si celepuk. Biarkan celepuk anda menangkapnya sendiri.

Sekedar saran, memelihara burung hantu berbeda dengan memelihara burung kicau. Jangan masukkan burung hantu ke dalam kandang burung, bisa stress, mati dia.  Sebagai gantinya anda bisa meletakkannya di atas tangkringan dan mengikatkan kakinya, mirip seperti tangkringan burung beo, begitu.

Baca Pengetahuan Terkait   3 Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam yang Baru Menetas