Sebelum membuat umpan dan pergi memancing ikan gabus, ada baiknya teman-teman kenali dulu karakter ikannya, supaya bisa tahu umpan apa yang cocok untuk jenis ikan seperti ini. Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek, aruan, haruan, kocolan, bogo, bayong, licingan, kutuk, kabos dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. ilmiahnya adalah Channa Striata (Bloch, 1793).

Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa beragam ikan kecil, serangga dan hewan air lain termasuk berudu dan kodok. Ada kelebihan ikan gabus, yaitu memiliki kemampuan bernapas langsung dari udara dengan menggunakan semacam organ labirin (seperti pada ikan lele atau betok) namun lebih primitif.

Itulah asal-usul ikan gabus yang mungkin bisa bisa bermanfaat bagi temen-temen sebagai tambahan pengetahuan. Nah setelah temen-temen mengetahui karakter ikan gabus, harusnya sih sudah ada bayangan tentang umpan yang pas untuk mancing gabus.

Karena ikan gabus ini merupakan kategori pemangsa jenis ikan lainnya (predator), maka boleh dibilang memancing ikan gabus termasuk hal yang mudah dilakukan. Seekor predator adalah pemakan daging, karenanya umpan yang cocok untuk gabus adalah apapun yang mampu memunculkan bau amis yang menyengat.

5 Umpan Jitu untuk Mancing Ikan Gabus

Inilah beberapa umpan mancing ikan gabus yang mudah temen-temen dapatkan. Dan sebetulnya, umpan ini juga adalah makanan kesukaan ikan gabus.

1. Katak kecil

Katak Pohon

Katak merupakan target mangsa ikan gabus. Ketika katak berenang di sungai atau di rawa-rawa, ikan gabus selalu terpancing untuk memangsanya karena karena gerakan katak menarik perhatiannya. Untuk itu, sangat cocok sekali jika temen-temen memanfaatkan hal ini untuk menjadikan katak sebagai umpan ikan gabus.

2. Ikan kecil Wader

Mancing ikan Wader

Wader memang menjadi target keganasan ikan-ikan gabus dan jenis ikan lainnya. Karena ukurannya yang memang kecil sering kali seekor ikan gabus dengan leluasa memangsanya. Tentunya tanpa perlawanan. Kecepatanya mengalahkan kecepatan ikan-ikan kecil tesebut. Itulah yang membuat ikan wader sangat baik untuk dijadikan umpan mancing ikan gabus.

3. Cacing tanah

Foto Cacing tanah

Tidak hanya ikan gabus saja, ikan mujair, nila bahkan ikan mas tentu sangat menyukai cacing tanah untuk dilahapnya. Dari aromanya yang menyebarkan bau amis menyengat sangat menarik penciuman dari beberapa jenis ikan untuk menjadi santapannya. Sepertinya jika temen-temen menggunakan cacing tanah sebagai umpan, maka hal tersebut sangatlah tepat. Ikan gabus sangat menyukai aroma bau amis dari cacing tanah tersebut.

4. Belalang

Belalang

Belalang biasa hidup dan berkembang di daerah pesawahan. Banyak orang menggunakan belalang sebagai umpan mancing ikan nila, namun siapa sangka jika ternyata ikan gabus juga sangat cocok jika belalang dijadikan umpan mancing. Karakter ikan nila dan ikan gabus ada kemiripan, dua-duanya dikategorikan sebagai ikan predator.

Cara menggunakannya adalah dengan mata kail dikaitkan pada belalang mulai dari ekor hingga badannya. Warna belalang yang hijau kontras akan sangat menggoda ikan gabus, sehingga cocok sekali dipakai umpan mancing gabus paling jitu.

5. Keong kecil

keong sawah Pila ampullacea

Keong mampu menebarkan bau amis yang menyengat, sehingga bisa menarik perhatian beberapa jenis ikan, termasuk ikan gabus. temen-temen bisa menjadikan keong sebagai umpan mancing ikan gabus dengan cara mengambil isinya dan mengaitkannya pada kail.

Ukurannya yang bulat dan kecil membuat keong mudah dikaitkan pada mata kailmu. Selain beberapa jenis umpan mancing ikan gabus di atas, temen-temen juga dapat mencoba membuat umpan racikan yang diyakini bisa lebih menarik minat ikan gabus untuk melahapnya.

Resep Racikan Umpan untuk Mancing Ikan Gabus

  1. Tepung ikan
  2. Sarden
  3. Pelet jenis Pf.100
  4. Bawang putih sedikit saja
  5. Kue Marie/Regal
  6. Air putih secukupnya

Ulek atau tumbuk perlahan semua bahan di atas. Buatlah merata dan semakin lembut. Aduklah seperti halnya temen-temen membuat adonan untuk kue. Semakin halus adonannya, semakin bagus performanya untuk umpan mancing gabus.

Ingat, jangan sampai terlalu encer. Usahakan lebih keras agar nantinya dapat dibentuk sesuai kebutuhan saat mancing. Umpan siap digunakan.

Tips dan Cara Mancing Ikan Gabus

Sistem Mancing di Kolam Pemancingan

Sebetulnya, mancing ikan gabus tidak banyak berbeda dengan mancing ikan pada umumnya. Namun satu hal, ternyata ikan gabus tidak menyukai cuaca dan kondisi air yang hangat, apalagi panas. Sering kali ikan gabus selalu mencari tempat-tempat teduh sebagai tempat berlindung, seperti dalam lubang atau di pinggiran air yang terlindung oleh dedaunan atau ranting,sama halnya dengan ikan lele dan sejenisnya.

Untuk itu alangkah baiknya jika temen-temen selalu mencari dan melihat posisi tempat tersebut sebagai salah satu strategi mancing ikan gabus yang baik.

8 Faktor yang harus di perhatikan ketika Mancing Ikan Gabus

  1. Pastikanlah untuk memancing di pagi, sore atau malam hari, hal ini dikarenakan ketika pagi atau sore hari cuaca tidak panas sehingga ikan gabus bisa lebih aktif dan berenang mencari makanan.
  2. Cuaca gerimis merupakan cuaca yang paling tepat untuk mancing ikan gabus, karena ketika gerimis ikangabus akan keluar, biasanya selalu di tandai dengan gelembung-gelembung kecil di permukaan air.
  3. Jangan membuat kegaduhan di sekitar tempat mancing, ikan gabus sangat peka terhadap bunyi atau suara yang sekiranya mengganggu ketenangannya.
  4. Karena ikan gabus merupakan ikan jenis predator, sehinga bisa dibayangkan kekuatannya saat berlari. Gunakan joran yang benar-benar kuat namun lentur atau joran dengan istilah fast tapper.
  5. Gunakan tali kenur atau senar yang memadai, sesuaikan dengan perkiraan ikan gabus yang ada. Kami tidak bisa memberi rekomendasi mengenai ukuran kenur ini. Seuaikan saja dengan kondisinya. Sepertinya temen-temen lebih tahu spotnya.
  6. Persiapkan mata kail dengan beberapa ukuran, dari mulai ukuran kecil hingga yang agak besar guna mengantisipasi jika tiba-tiba ada ikan dengan ukuran yang tidak temen-temen perkirakan.
  7. Persiapkan umpan jitu mancing ikan gabus, lebih jelasnya diuraikan di bawah.
  8. Perhatikan cara melempar umpan : Jika temen-temen menggunakan tehnik memancing casting dan menggukan umpan tiruan (lure), lemparkan umpan melewati obyek sasaran di mana temen-temen perkirakan ada ikan gabus di sana. Jadi jangan dilempar tepat ke sasaran. Setelah temen-temen lempar melewati sasaran, barulah umpanmu tarik perlahan.

3 Faktor Kesalahan Mengapa Sulit Strike Ketika Memancing Ikan Gabus

  1. Faktor cuaca, cuaca panas merupakan hambatan dalam memancing ikan gabus, hindari saat-saat itu.
  2. Ikan gabus sering kali menghilang dan lari masuk di lubang-lubang. Sore hari menjadi solusinya dimana ikan gabus keluar mencari makanan.
  3. Spot mancing tidak pas. Pelajari dan terus lakukan pencarian spot mancing ikan gabus sampai temen-temen menemukan yang benar-benar bagus.

Berdoa sebelum dan saat mancing menjadi hal yang sangat baik dilakukan, sering kali kita melupakan dan mengabaikannya. Lakukan dan biasakan berdoa sebelum atau sesuadah melakukan hal apapun.

Semoga bermanfaat.