Baboon (babon/babun) adalah kera besar yang hidup di padang rumput Afrika dan padang pasir gersang Arabia yang sangat luas. Ada lima spesies yang berbeda dari baboon. Semua dari mereka tinggal di Afrika atau Arab. Baboon adalah termasuk di antata beberapa jenis monyet terbesar di dunia, jantan berukuran rata-rata 33-82 pound (15-37 kilogram). Panjang tubuh mereka adalah 20 sampai 40 inci (60-102 cm), tidak termasuk ekor yang panjangnya bervariasi.

Babon adalah media untuk spesies berukuran besar Old World Monyet yang ditemukan di berbagai habitat yang berbeda di seluruh Afrika dan di beberapa bagian Saudi. Ada lima spesies yang berbeda dari Babon yang zaitun Babon, Guinea Babon, yang Chacma Babon,

Kuning Babon dan Hamadryas Babon yang paling berbeda dari yang lain lebar itu wajah merah cerah dan tebing-tinggal gaya hidup (empat spesies lainnya kolektif dikenal sebagai sabana Babon). Namun, ada beberapa perdebatan tentang klasifikasi spesies yang berbeda karena fakta bahwa beberapa telah dikenal untuk kawin, menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi sub-spesies gantinya.

Babon adalah hewan yang sangat ramah dan cerdas yang dikenal untuk membentuk ikatan yang erat dengan anggota lain dari pasukan yang sering berlangsung selama hidup. Mereka juga hewan sangat beradaptasi tetapi jumlah populasi mereka menurun di seluruh rentang alami mereka terutama karena perburuan dan hilangnya habitat.

Babun monyet besar dan kekar yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tanah. Mereka memiliki kepala besar dengan anjing-seperti, moncong panjang dan pipi-kantong untuk menyimpan makanan dengan punggungan alis berat melindungi mata mereka. Pria sering dua kali ukuran perempuan dan memiliki gigi taring tajam fearsomely yang membantu mereka untuk mempertahankan pasukan dari bahaya, namun ukuran yang tepat mereka tergantung pada spesies dengan Chacma Babon menjadi yang terbesar sedangkan Guinea Babon adalah spesies terkecil.

Babun memiliki liar tampak bulu dengan surai panjang yang membentang di atas bahu dan patch berbulu di wajah dan rumps mereka yang empuk dengan kulit keras. Warnanya bervariasi dari zaitun hijau ke kuning, perak dan cokelat tergantung pada spesies. Mereka juga memiliki tikungan khas terhadap dasar ekor panjang mereka.

Penyebaran dan Habitat Babon

Babon akan pernah ditemukan di seluruh benua Afrika dan hari ini, meskipun mereka masih luas, berbagai alami mereka terus menurun. Babun ditemukan di berbagai habitat termasuk savana, scrub, gurun berbatu dan hutan hujan asalkan tersedia cukup banyak persediaan air.

The Hamadryas Babon ditemukan di padang pasir berbatu di perbukitan yang melapisi pantai Laut Merah baik di utara-timur Afrika dan di bagian barat semenanjung Arab. The Olive Babon adalah spesies yang paling luas dengan rentang yang memanjang dari barat ke timur di berbagai habitat, sedangkan Guinea Babon terbatas pada daerah kecil di barat.

The Babon Kuning ditemukan di timur dan spesies terbesar, Chacma Babon juga ditemukan selatan terjauh, dengan rentang yang mencakup ujung selatan Afrika.

Perilaku dan Gaya Hidup Babon

Babon adalah hewan yang sangat ramah yang hidup di pasukan besar yang bisa sangat bervariasi dalam ukuran dan dapat berisi beberapa ratus anggota. Pasukan Babon terdiri dari pria dan wanita dengan anak-anak mereka dan membentuk ikatan yang sangat dekat dengan memberi makan, tidur dan perawatan bersama-sama.

Selama hari mereka masuk ke band yang lebih kecil dari 4 atau 5 perempuan dan muda, yang dipimpin oleh seorang laki-laki yang dominan yang mencoba untuk menjaga laki-laki lain pergi. Hamadryas Babon Namun, hidup dalam kelompok yang lebih kecil dari sekitar 12 perempuan dan laki-laki alpha tunggal.

Babun hidup bersama untuk perlindungan dan terus-menerus pada tampilan-out untuk predator yang berbahaya, terutama ketika mereka berada di tempat terbuka. Jika ancaman yang melihat, mereka membuat gonggongan keras dan sementara laki-laki berjalan untuk menyerang, betina dan muda menghilang ke dalam keselamatan pohon. Babun berkomunikasi antara satu sama lain dalam berbagai cara yang berbeda termasuk panggilan vokal, ekspresi wajah dan bahkan sinyal dengan ekor mereka.

Reproduksi dan Siklus Hidup Babon

Babon berkembang biak sepanjang tahun dan sementara mereka tidak memiliki musim kawin yang ketat, ada puncak dalam kawin dan kelahiran pada waktu tertentu tahun (tergantung pada lokasi). Ketika seorang wanita siap untuk kawin, jantan dominan sub-kelompok mereka akan membela haknya untuk kawin dengan dia keras tetapi meskipun usahanya, Babon perempuan kawin dengan banyak pejantan dalam kelompok selama hidup mereka.

Baca Pengetahuan Terkait   Burung Madu Kelapa ( Anthreptes Malacensis )

Setelah masa kehamilan yang berlangsung selama sekitar 6 bulan, Babon betina melahirkan bayi tunggal yang meraih ke bulu nya langsung dan menempel ke dia. Ketika mereka lahir, Babon muda warna kontras kepada orang tua mereka dan ditoleransi oleh pasukan sampai mereka rontok dan tumbuh bulu dewasa mereka setelah sekitar dua bulan.

Betina muda tetap bersama ibu mereka dan dua akan sering membentuk ikatan yang sangat dekat sepanjang hidup mereka, sedangkan laki-laki yang diusir dari pasukan dan dipaksa untuk mencoba dan membuktikan diri ke kelompok lain.

Pola Makan dan pemangsa Babon

Babon adalah hewan omnivora yang dikenal untuk makan berbagai baik materi tanaman dan hewan-hewan kecil. Buah-buahan, biji-bijian, akar tangguh dan bunga semua membuat sebagian besar dari makanan mereka, bersama dengan serangga, telur, kadal dan hewan pengerat. Namun, ukurannya yang besar dan kekuatan juga berarti bahwa mereka kadang-kadang memburu dan membunuh mangsa yang lebih besar seperti muda Gazelles.

Di daerah di mana pemukiman manusia melanggar batas habitat alami mereka, Babon juga dikenal untuk menyerang ladang tanaman yang telah menyebabkan mereka seringkali dianggap sebagai hama. Babun memiliki gigi sangat mirip dengan orang dengan serangkaian besar, geraham datar yang sempurna untuk menggiling bawah vegetasi dan makanan kelebihan dapat disimpan dalam kantong pipi mereka fleksibel untuk disimpan untuk nanti.

Pemangsa dan Ancaman Babon

Karena ukuran mereka dan fakta bahwa Babon menghabiskan sebagian besar hidup mereka di tanah, mereka dimangsa oleh banyak predator di seluruh rentang alami mereka. Wildcats seperti Singa, macan tutul dan Cheetah adalah predator yang paling umum dari Babon bersama dengan ular besar, Afrika anjing liar dan Burung pemangsa yang berburu lebih kecil dan lebih muda rentan.

Orang Namun, menimbulkan ancaman terbesar bagi Baboons seperti yang sering diburu dan dibunuh untuk daging dan bahkan ditembak oleh petani yang menganggap mereka sebagai hama, takut untuk tanaman mereka. Jumlah mereka meskipun sedang paling terpengaruh oleh hilangnya habitat alami sekali mereka yang luas, yang menjadi sasaran deforestasi untuk pertanian atau lahan izin untuk merumput dan tumbuh pemukiman manusia.

Fakta Menarik dan Fitur Babon

Meskipun Babon pensiun ke dalam keselamatan pohon untuk tidur di malam hari, mereka menghabiskan hampir semua sisa hidup mereka di tanah dan berkeliaran di seluruh rentang rumah mereka untuk mencari makanan dan air. Mereka dikenal untuk berjalan bermil-mil sehari dan hanya berhenti di bawah naungan untuk keluar dari matahari tengah hari, dan mampu melakukan perjalanan lebih dari empat mil antara fajar dan senja.

Baca Pengetahuan Terkait   Burung Cucak Gunung

Seperti banyak primata lainnya, Babon mengambil bagian dalam perawatan sosial dengan memilih parasit, kulit mati dan kotoran dari bulu masing-masing. Hal ini tidak hanya memperkuat ikatan sosial dalam pasukan tetapi juga menyoroti status individu, dengan Babon yang sedang dipersiapkan memiliki status yang lebih tinggi dalam pasukan dari orang yang perawatan mereka.

Agar luar Jantan untuk dapat diterima dalam pasukan, mereka harus membentuk hubungan dengan salah satu perempuan sampai ia kemudian diterima oleh orang lain. Proses ini dapat mengambil bulan namun pasangan biasanya dikenal tetap erat teman-teman seumur hidup.

Hubungan Babon dengan Manusia

Babon telah beradaptasi dengan sangat baik dengan populasi manusia tumbuh di seluruh rentang alami mereka tetapi kenyataan bahwa mereka sering menyerang tanaman telah menyebabkan mereka dianiaya oleh petani. Mereka juga diburu dan dimakan sebagai hewan liar di banyak daerah di daerah asal mereka tetapi habitat yang berkurang yang menyebabkan masalah terbesar bagi mereka.

Wilayah luas hutan dibersihkan setiap hari untuk memberikan ruang bagi pertanian atau untuk log kayu tropis yang berarti bahwa Babon memiliki area yang lebih sedikit di mana mereka bisa tidur dengan aman di pohon-pohon. Padang rumput juga berkurang dalam ukuran tanah diserahkan kepada ternak untuk merumput atau digunakan untuk perluasan pemukiman yang berkembang.

Status Konservasi Babon

Hari ini, empat spesies Babon terdaftar oleh IUCN sebagai spesies yang Kepedulian Least dari menjadi punah di alam liar dalam waktu dekat. Para Guinea Babon terdaftar sebagai spesies Hampir Terancam.

Namun, meskipun masih relatif luas, jumlah penduduk menurun di semua spesies karena perburuan dan hilangnya habitat, dengan populasi di daerah tertentu dengan cepat menjadi lebih dan lebih terisolasi dari satu sama lain. Mereka ditemukan di banyak taman nasional di Afrika dan cadangan di mana mereka memainkan peran penting dalam pemeliharaan ekosistem.