Ikan Sarden merupakan kelompok ikan-ikan pelagis kecil, dari famili Clupeidae yang lebih umum dikenal sebagai ikan herring. Famili Clupeidae terdiri atas 160 spesies dan 50 genus. Kebanyakan hidup di laut tropis, tetapi ada yang hidup di air tawar dan ada pula yang bersifat anadromus, artinya menuju sumber air tawar untuk memijiah, sedangkan sejak juvenile menuju ke laut.

Beberapa spesies dari famili ini dapat cepat tumbuh dari umurnya ±3 tahun. Family Clupeidae memiliki ciri-ciri bersirip punggung tambahan yang seperti kulit, berbecak-becak yang bercahaya, tidak bertulang dahi belakang, sirip dada kadang-kadang tidak sempurna atau tidak ada, sirip perut mungkin saja tidak ada, jika sirip dada ada, sirip perut mungkin sempurna.

Klasifikasi ikan Sarden

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Clupeiformes
  • Famili : Clupeidae
  • Genus : Sardinella
  • Spesies : Sardinella albella

Ciri Fisik Ikan Sarden

Ikan Sarden berwarna biru kehijauan pada bagian punggung dan putih keperakan pada bagian lambung, serta mempunyai sirip-sirip transparan. Panjang tubuh dapat mencapai 23 cm tetapi pada umumnya hanya 10 – 15 cm. Ikan Sarden memiliki bentuk tubuh yang pipih, sisik tebal, perut menonjol, sisik depan punggung sejajar dengan punggung, dua jari sirip dubur terakhir membesar, sirip perut dengan satu jari-jari tidak bercabang dan tujuh jari-jari bercabang, sirip punggung kekuningan dan terdapat bercak gelap di pangkal sirip. Panjang rata-rata ikan tamban yang siap ditangkap berkisar 18 cm.

Perilaku Ikan Sarden

Pada siang hari, kelompok ikan ini dekat dasar perairan sementara ketika malam hari kelompok ikan ini bergerak mendekati permukaan air dengan kelompok-kelompok yang terpisah. Terkadang saat siang hari ketika cuaca mendung ikan ini muncul pula berkelompok di dekat permukaan air. Penangkapan ikan ini biasanya dilakukan pada saat malam hari ketika mendekati permukaan air dibantu dengan cahaya lampu. Jumlah yang besar banyak terdapat di perairan pantai terutama pada saat terjadi pasang di waktu tertentu, banyak ditemukan di perairan teluk dan laguna.

Baca Pengetahuan Terkait   25 Jenis Spesies Ikan Hiu yang Hidup di Dunia Dulu dan Saat ini

Habitat Ikan Sarden

Ikan Sarden banyak ditemukan pada laut yang mimiliki banyak karang pada kisaran kedalaman 0 – 50 m. Ikan Sarden banyak tersebar di perairan Laut Merah, Teluk Persia, Pantai Afrika Timur, Madagaskar ke arah Timur sampai Indonesia, Laut Arafura, Perairan Taiwan dan Papua New Guinea.

Mengenal Ikan Sarden Beserta Klasifikasi, Habitat, dan Ciri Fisiknya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini