Tentunya dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah Kuman, Bakteri, Jamur atau sejenisnya, dan biasanya hal ini berkaitan dengan sesuatu yang dapat menyebabkan kita sakit, lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Kuman, Bakteri atau Jamur tersebut, dan apa saja perbedaannya?

Saat lingkungan, rumah atau bahkan tubuh kita dalam keadaan kotor, maka akan dianggap banyak kumannya, atau saat kita terserang penyakit kebanyakan disebabkan oleh Bakteri atau Jamur, benarkah demikian ? Apakah memang Kuman, Bakteri dan Jamur ini selalu berkaitan dengan kondisi Kotor dan dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh kita ?

1. Pengertian Bakteri

Foto Bakteri

Bakteri berasal dari bahasa latin yaitu BACTERIUM atau BACTRIA, dan merupakan suatu kelompok Organisme (makhluk hidup) bersel tunggal yang berkembang hidup dengan cara membelah diri, dan Bakteri ini memiliki ukuran yang sangat kecil atau biasa disebut dengan Mikroskopik.

Bakteri dapat ditemukan dimana saja, jadi bukan hanya ditempat yang kotor, bahkan ditempat yang bersih sekalipun terdapat bakteri, baik itu di tanah, di air, di udara bahkan di dalam tubuh kita

Perlu diingat, bahwa hanya sekitar satu persen saja dari berbagai jenis Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, dan Mayoritas Bakeri ini tidak berbahaya, bahkan sebaliknya beberapa jenis bakteri bahkan bermanfaat pada tubuh dan kehidupan kita, contohnya bakteri baik (Probiotik) yang ada pada Saluran pencernaan manusia, bermanfaat untuk membantu proses pencernaan, menyerap nutrisi dan melawan bakteri jahat.

2. Pengertian Kuman

Foto Kuman

Kuman (Germ) merupakan istilah awam yang meliputi berbagai jenis mikroorganisme yang bersifat Parasit (Patogen) dan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk didalamnya yaitu Bakteri, Virus Jamur dan sebagainya, dengan ukuran yang sangat kecil (Mikroskopik)

3. Pengertian Jamur

Foto Jamur Micro

JAMUR Merupakan kelompok organisme yang juga bersel tunggal, berkembang biak dengan cara membelah diri maupun spora, Memiliki ukuran sangat kecil (Mikroskopik) namun sedikit lebih besar dibanding Bakteri dan Virus.

Sebagian jenis Jamur tidak berbahaya dan tidak dapat menular, meskipun sebagian jenisnya ada juga yang dapat menular seperti misalnya jamur Candida. dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti Sariawan/Guam, Beberapa jenis jamur lainnya dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kulit.