Berbagai macam produk hasil peternakan memiliki banyak manfaat untuk manusia. Salah satu hasil produk peternakan adalah susu pasteurisasi. Nah apa itu susu pasteurisasi ? berikut penjelasan mengenai susu pasteurisasi dan manfaatnya.

Susu pasteurisasi merupakan salah satu jenis susu olahan yang mempunyai sifat tidak tahan lama dan mildah rusak. Produk ini hanya mampu bertahan melalui penyirnpanan di lemari pendingin maksimum selama 5 hari pada suhu 4″ Celcius. Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir. Proses ini diberi nama atas penemunya Louis Pasteur seorang ilmuwan Perancis.

Metode pengolahan ini merupakan cara yang paling efektif dalam menjaga kemurnian nutrisi susu sapi segar tanpa tambahan zat apapun sehingga umur simpan produk menjadi lebih pendek dibanding produk susu olahan susu lainnya. Manfaat susu pasteurisasi sama dengan manfaat susu murni, berikut adalah sedikit manfaatnya pada anak-anak:

  1. Kandungan asam amino yang seimbang pada protein susu sangat baik dalam mendukung perkembangan tubuh dan sel syaraf pada anak
  2. Lemak dan laktosa (gula susu) merupakan sumber energi yang baik dalam mendukung aktivitas fisik pada anak
  3. Kandungan vitamin D dan mineral kalsium alami pada susu sapi sangat baik dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak.
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   Perkiraan Harga tiap Jenis Sapi Qurban pada April dan Ramadhan 2019 di Jawa