Bebek atau Itik merupakan salah satu unggas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Maka dari itu unggas ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Para peternak komersial memanfaatkannya untuk beberapa hal. 3 manfaat atau hasil utama memelihara dan berternak bebek atau itik :

  1. produksi, daging, telur, dan bulu
  2. Itik pedaging dibutuhkan oleh hotel-hotel dan restoran-restoran. Itik dianggap sebagai produk yang lezat diberbagai tempat.
  3. Itik memiliki bulu halus yang biasa disebut down feathers. Bulu-bulu halus ini dapat dimanfaatkan untuk pengisi bantal, bedcover, dan berbagai macam dan jenis pakaian musim dingin.

Mitos dan Fakta terkait Telur Bebek atau Itik

Dalam masyarakat, sering dikatakan bahwa telur itik memiliki rasa dan bau yang keras dan menyengat. Hal ini dikarenakan telur itik harus direbus terlebih dahulu sebelum di makan. Mereka menganggap bahwa di dalam telur itik terdapat Salmonella, hal ini tidaklah benar. Telur akan terjangkiti oleh Salmonella jika telur dipungut di tempat yang lembab dan kotor.

Misalnya ditumpukan jerami yang sudah tergenang air ataupun di lumpur di sekitaran kolam. Salmonella tidak akan berkembang jika telur-telur di simpan di tempat yang bersih dan berada di bawah suhu 41 derajat F. Hal ini dapat kita lakukan dengan menyimpan telur-telur itik di refrigator karena suhu yang dingin dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang hidup pada suhu mesofilik.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   Cara Membedakan Jenis Kelamin Kura-kura dari Cirinya