Penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari di kepala putik. Secara alami proses penyerbukan ini dibantu oleh beberapa jenis serangga. Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal lebah dan kupu-kupu sebagai serangga yang membantu proses penyerbukan . Inilah 7 serangga yang membantu proses penyebukan.

1. Tawon

Sarang Tawon

Ciri serangga tawon, bentuk tubuhnya sekilas mirip dengan lebah madu,  adapun yang membedakannya yaitu tubuh tawon lebih berbulu, ukuran pinggang lebih kecil. Tawon juga mampu menyengat berkali-kali.

Tawon Serangga Yang Membantu Proses Penyerbukan –  Selain Lebah dan Kupu-kupu

2. Semut

14 cara untuk mengusir semut secara alami

Proses penyerbukan oleh semut jarang terjadi. Semut sering berjalan dari satu kuntum bungan ke bunga lainnya, sehingga memungkinkan terjadinya proses penyerbukan. Penelitian di Amerika Serikat, semut pekerja jenis Formica argentea diketahui membantu penyerbukan Polygonum cascadense. Di Australia semut membantu proses penyerbukan beberapa jenis anggrek dan bunga lili.

3. Lalat

Lalat yang paling banyak membantu proses penyerbukan adalah lalat hoverflies dari familia Syrphidae, terdapat sekitar 6000 jenis hoverflies. Beberapa jenis hoverflies memiliki bagian mulut yang beradaptasi untuk menyedot nektar bunga.

4. Midges atau Mrutu

Midges adalah serangga kecil yang biasanya muncul sebelum matahari terbenam dalam jumlah yang cukup besar. Midges dari familia Ceratopogonidae and Cecidomyiidae diketahui satu-satunya serangga yang membantu proses penyerbukan bunga pohon coklat. Bunga coklat diketahui benar-benar mekar sempurna sebelum matahari terbenam.

5. Nyamuk

Foto Nyamuk

Makanan utama nyamuk jantan ternyata bukan darah, akan tetapi nektar bunga. Saat menghisap nektar bunga inilah, serbuk sari menempel di tubuh nyamuk dan jatuh ke kepala putik bunga lainnya.

6. Ngengat

Kupu-kupu Sutera

Ngengat sekilas mirip dengan kupu-kupu. Kebanyakan ngengat termasuk serangga nokturnal, membantu proses penyerbukan pada malam hari. Contoh yang paling terkanl adalah ngengat hummingbird, ngengat ini menghisap  nektar bunga sambil terbang seperti burung hummingbird.

Ngengat lainnya yaitu ngengat elang, Xanthopan morganii,  Ngengat ini menggunakan belalainya yang panjang untuk menghirup nektar.

Contoh tanaman yang membutuhkan ngengat dalam proses penyerbukan adalah tanaman yucca.

7. Kumbang

Kepik

Inilah serangga tertua yang membantu proses penyerbukan. Kumbang mulai membantu proses penyerbukan sekitar 150  juta tahun yang lalu, 50 juta tahun lebih lama dari lebah. Bukti fosil menunjukan kumbang melalukan pernyerbukan pada bunga jenis cycads. Kumbang modern saat ini tampaknya lebih  suka untuk menyerbuki keturunan dekat dari bunga cycads ini. Istilah ilmiah proses penyerbukan oleh kumbang adalah canthrophily