Mana olah ikan yang kamu sukai, yang kaleng? Selain popularitas mereka sebagai makanan laut, tunas adalah ikan besar dan kuat yang didistribusikan ke seluruh dunia dari laut tropis hingga beriklim sedang. Mereka adalah anggota keluarga Scombridae, yang mencakup kedua tunas dan makarel. Di bawah ini Anda bisa belajar tentang beberapa jenis ikan yang dikenal sebagai tuna, dan kepentingan mereka secara komersial dan sebagai gamefish.

1. Tuna Laut Biru Atlantik (Thunnus Thynnus)

Tuna sirip biru Atlantik adalah ikan besar dan ramping yang hidup di zona pelagis. Tuna adalah ikan sport yang populer karena popularitasnya sebagai pilihan sushi, sashimi dan steak. Akibatnya, mereka telah banyak overfished. Tuna sirip biru adalah hewan berumur panjang. Diperkirakan mereka bisa hidup hingga 20 tahun.

Tuna sirip biru berwarna hitam kebiruan di sisi dorsal mereka dengan pewarnaan keperakan di sisi ventral mereka. Mereka adalah ikan besar, tumbuh dengan panjang 9 kaki dan berat 1.500 pound.

2. Southern Bluefin (Thunnus Maccoyii)

Tuna sirip biru selatan, seperti tuna sirip biru Atlantik, adalah spesies yang cepat dan ramping. Sirip biru Selatan ditemukan di seluruh samudera di belahan bumi selatan, di garis lintang kira-kira dari 30-50 derajat ke selatan. Ikan ini bisa mencapai panjang hingga 14 kaki dan bobotnya mencapai 2.000 pound. Seperti sirip biru lainnya, spesies ini telah banyak mengalami kerusakan.

3. Tuna Albacore / Tuna Longfin (Thunnus Alalunga)

Albacore ditemukan di seluruh Samudra Atlantik, Samudera Pasifik dan Laut Mediterania. Ukuran maksimal mereka sekitar 4 kaki dan 88 pound. Albacore memiliki sisi atas berwarna biru tua dan bagian bawah putih keperakan. Ciri khas mereka yang paling khas adalah sirip dada yang sangat panjang.

Baca Pengetahuan Terkait   Ciri dan Cara Membedakan Burung Prenjak Kepala Merah Jantan dan Betina

Ikan tuna albacore dijual biasa seperti tuna kalengan dan bisa disebut tuna “putih”. Ada saran tentang mengkonsumsi terlalu banyak tuna karena kadar merkuri tinggi pada ikan.

Albacore kadang-kadang tertangkap oleh troller, yang menarik serangkaian jig, atau umpan, perlahan di belakang kapal. Jenis penangkapan ikan ini lebih ramah lingkungan daripada metode penangkapan lainnya, longline, yang dapat memiliki jumlah tocatch yang signifikan.

4. Tuna kuning (Thunnus Albacares)

Tuna sirip kuning adalah spesies yang akan Anda temukan di tuna kalengan, dan bisa disebut tuna Chunk Light. Tuna ini sering tertangkap dalam jaring purse seine, yang menghadapi protes di AS karena pengaruhnya terhadap lumba-lumba, yang sering dikaitkan dengan sekolah tuna, dan oleh karena itu ditangkap bersamaan dengan tuna, menyebabkan kematian ratusan ribu Lumba-lumba setiap tahunnya Perbaikan terbaru dalam perikanan telah mengurangi lumba-lumba bycatch.

Tuna kuning biasanya memiliki garis kuning di sisinya, dan sirip punggung kedua dan sirip dubur panjang dan kuning. Panjang maksimal mereka adalah 7,8 kaki dan beratnya adalah 440 kilogram. Tuna tuna kuning lebih memilih air tropis yang lebih hangat dan subtropis. Ikan ini memiliki umur yang relatif pendek 6-7 tahun.

5. Bigeye Tuna (Thunnus Obesus)

Ikan tuna bigeye terlihat mirip dengan tuna sirip kuning, namun memiliki mata lebih besar, begitulah namanya. Tuna ini biasanya ditemukan di perairan tropis dan subtropis yang hangat di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Tuna Bigeye bisa tumbuh sekitar 6 kaki panjangnya dan beratnya mencapai sekitar 400 kilogram. Seperti tunas lainnya, bigeye telah mengalami overfishing.

6. Skipjack Tuna / Bonito (Katsuwonus Pelamis)

Skipjacks are a small tuna that grows to 3 pounds and weigh up to 41 pounds. They are a wide-ranging fish, living in tropical, subtropical and temperate oceans around the world. Skipjack buds have a tendency to school under floating objects, such as debris in the water, marine mammals or other drifting objects. They are distinctive among shoots in having 4-6 stripes that run the length of their body from gills to tail.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara Mudah Membeda Jangkrik Jantan dan Betina

7. Tunny Kecil (Euthynnus Alletteratus)

Terowongan kecil ini juga dikenal sebagai tuna tenggiri, tuna kecil, bonito dan albacore palsu. Hal ini ditemukan di seluruh dunia di perairan tropis hingga beriklim sedang. Si tunet kecil memiliki sirip punggung dan sirip yang besar. Di punggungnya, tunet kecil itu memiliki pewarnaan biru baja dengan garis bergelombang gelap. Memiliki perut putih. Tunet kecil itu tumbuh sekitar 4 kaki panjangnya dan beratnya mencapai sekitar 35 kilogram. Terowongan kecil adalah gamefish populer dan tertangkap secara komersial di banyak lokasi, termasuk Hindia Barat.

Mengenal 7 Jenis Spesies Ikan Tuna
5 (100%) 1 vote