Lumba-Lumba Spinner
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Lumba-lumba Spinner diberi nama karena perilaku unik mereka melompat dan berputar. Putaran ini bisa melibatkan lebih dari 4 putaran tubuh.

FAKTA CEPAT TENTANG SPINNER DOLPHIN

  • Lumba-lumba Spinner tumbuh sampai 6-7 kaki panjangnya dan berat 130-170 pon.
  • Spinner lumba-lumba berkumpul di polong yang bisa masuk ke dalam ribuan.
  • Lumba-lumba Spinner ditemukan di perairan tropis dan subtropis yang hangat di Samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia.

IDENTIFIKASI

Lumba-lumba Spinner adalah lumba-lumba berukuran sedang dengan paruh panjang yang ramping. Pewarnaan bervariasi tergantung tempat tinggal mereka. Mereka sering memiliki penampilan bergaris dengan punggung abu-abu gelap, panggul abu-abu dan bagian bawah putih. Pada beberapa pria dewasa, sirip punggung tampak seolah-olah tertancap ke belakang.

Hewan-hewan ini dapat berasosiasi dengan kehidupan laut lainnya, termasuk paus bungkuk, lumba-lumba terlihat dan tuna sirip kuning.

KLASIFIKASI

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Subfila: Vertebrata
Superclass: Gnathostomata, Tetrapoda
Kelas: Mammalia
Subclass: Theria
Pesanan: Cetartiodactyla
Suborder: Cetancodonta
Infraorder: Cetacea
Suborder: Odontoceti
Superfamili: Odontoceti
Keluarga: Delphinidae
Genus: Stenella
Spesies: longirostris

Ada 4 subspesies lumba-lumba pemintal:

  • Lumba-lumba pemintal Grey (Stenella longirostris longirostris)
  • Lumba-lumba pemintal timur (S. l. Orientalis)
  • Lumba-lumba pemintal Amerika Tengah (S.l. centroamericana)
  • Kurcaci kurcaci kurcaci (S.l. roseiventris)

HABITAT DAN DISTRIBUSI

Lumba-lumba Spinner ditemukan di perairan tropis dan subtropis yang hangat di Samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia. Subspesies lumba-lumba pemintal yang berbeda dapat memilih habitat yang berbeda tergantung di mana mereka tinggal. Di Hawaii, mereka tinggal di teluk yang dangkal dan terlindung, di Pasifik Tropis Bagian Timur, mereka tinggal di laut lepas yang jauh dari daratan dan sering berasosiasi dengan tuna kuning, burung dan lumba-lumba terlihat pantropis.

Baca Pengetahuan Terkait   Burung Cucak Gunung

Lumba-lumba pemintal kerdil tinggal di daerah dengan terumbu karang dangkal, dimana mereka makan siang hari dengan ikan dan invertebrata. Klik di sini untuk melihat peta untuk lumba-lumba pemintal.

MAKANAN

Sebagian besar lumba-lumba pemintal beristirahat di siang hari dan makan malam hari. Mangsanya yang disukai adalah ikan dan cumi, yang mereka temukan dengan menggunakan echolocation. Selama echolocation, lumba-lumba memancarkan pulsa suara frekuensi tinggi dari organ (melon) di kepalanya. Gelombang suara memantul benda-benda di sekitarnya dan diterima kembali ke rahang bawah lumba-lumba. Mereka kemudian ditransmisikan ke telinga bagian dalam dan ditafsirkan untuk menentukan ukuran, bentuk, lokasi dan jarak mangsa.

REPRODUKSI

Lumba-lumba pemintal memiliki musim kawin sepanjang tahun Setelah kawin, masa gestasi wanita sekitar 10-11 bulan, setelah seekor anak sapi tunggal sekitar 2,5 kaki panjangnya lahir. Perawat betina selama 1-2 tahun.

Jangka hidup untuk lumba-lumba pemintal diperkirakan sekitar 20-25 tahun.

KONSERVASI

Lumba-lumba pemintal terdaftar sebagai “data deficient” pada Daftar Merah IUCN. Lumba-lumba Spinner di Pasifik Tropis Timur tertangkap oleh ribuan jaring purse seine yang menargetkan ikan tuna, walaupun populasi mereka perlahan pulih karena pembatasan yang dilakukan pada perikanan tersebut.

Ancaman lainnya meliputi belitan atau tangkapan pada alat tangkap, perburuan yang ditargetkan di Karibia, Sri Lanka, dan Filipina, dan pembangunan pesisir yang mempengaruhi teluk terlindung yang dilewati oleh lumba-lumba di beberapa daerah pada siang hari.