Ikan Gurame adalah ikan yang salah satu spesies ikan yang memiliki habitat di air tawar. Ikan Gurame dalam bahasa latin disebut juga Osphronemus gouramy. Menurut beberapa sumber ikan Gurami adalah salah satu ikan asli Indonesia. Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi karena memiliki rasa yang sangat enak dan lesat. Djuhanda, 1981 dan Rusdi 1988 mengatakan bahwa Ikan Gurami hidup di air tenang seperti misalnya Rawa, Danau, Waduk, dan Kolam.

Kendati demikian, kata dia ikan Gurami ini sering juga dijadikan sebagai ikan hias. Sebab ikan Gurami memiliki bentuk yang sangat unik yakni pada bagian kepala lonjong mirip kerucut, dan pada bagian badan mirip ikan mujai dan nila. Ikan Gurami juga menjadi favorite karena memiliki jenggot dua yang panjangnya bisa mencapai ekor.

Adapun Morfologi dari ikan Gurame ini adalah sebagai berikut:

  1. Ikan Gurame memiliki garis lateral tunggal tidak putus. Jika dipandang dari samping maka akan berbentuk jalur-jalur.
  2. Ikan Gurame memiliki sisik yang stenoid, jika diperhatikan akan terlihat seperti jaring jala.
  3. Ikan Gurame memiliki Gigi pada bagian rahang bawah.
  4. Jika diperhatikan maka Ikan Gurame memiliki ekor membualat
  5. Ikan gurami memiliki Jari-jari lemah pertama sirip perut merupakan benang panjang yang berfungsi sebagai alat peraba.
  6. Ikan Gurame memiliki tinggi 2,0-2,1 kali dari panjang standar.
  7. Ikan gurame mudah memiliki garis-garis tegak berwarna hitam, biasanya mencapai 8-10 buah.
  8. Ikan Gurame memiliki titik hitam bulat pada bagian pangkal ekor.
  9. Ikan Gurame memiliki bentuk pipih panjang agak bulat.
  10. Ikan Gurame memiliki sisik kasar dan tebal.
  11. Ikan Gurame memiliki bentuk mulut kecil. Pada bagian bibir bawah akan terlihat menonjol dibandingkan bibir atas. Dan pada mulut dapat disembulkan sehingga kelihatn monyong. Kemudian mulut ikan ini juga memiliki tata letak agak miring tidak tepat dibawah ujung moncong.
  12. Ikan Gurami mudah dan tua akan tampak berbeda pada bagian warna. Bila diperhatikan gurame muda jauh lebih menarik dibandingkan Ikan Gurame dewasa/tua. Ikan Gurame muda memiliki delapan buah garis tegak, bintik gelap dengan pinggiran berwarna kuning atau keperakan terdapat pada bagian tubuh diatas sirip dubur dan pada dasar sirip dada terdapat bintik hitam.
  13. Ikan Gurame memiliki alat pernapasan tambahan bernama labirin.
  14. Dengan labirin, Ikan Gurame dapat mengambil oksigen langsung dari udara. Sebab lipatan-lipatan epitelium pernapasan yang merupakan turunan dari lembar insang pertama.
Baca Pengetahuan Terkait   4 Makanan Ikan Koki supaya Sehat dan Cepat Besar

Habitat Ikan Gurame

Ikan gurame Pada umumnya menyukai air yang tenang dan tawar, sehingga ikan ini sangat sulit ditemui di sungai-sungai deras. Ikan gurame paling suka dipelihara pada ketinggian 50-40 meter diatas permukaan air lau. Tetapi jangan kwatir, karena ini juga dapat ko dipelihara dimana saja. Biasanya ikan gurami menyukai suhu yang memiliki kwalitas 24 sampai 28 0C.

Referensi :

  • Departemen pertanian, 1999
  • Susanto, 2001
  • Sitanggang dan Sarwono, 2001
  • Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi, 2002
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini