Hiu paus mungkin bukan spesies pertama yang terlintas dalam pikiran saat Anda memikirkan ikan hiu. Mereka besar, anggun, dan berwarna indah. Mereka bukan pemangsa rakus namun hanya memakan beberapa makhluk terkecil di lautan. Berikut adalah beberapa fakta menyenangkan tentang hiu paus

1. Hiu Paus Merupakan Ikan Terbesar di Dunia

Salah satu fakta yang paling menonjol tentang hiu paus adalah ikan itu adalah ikan terbesar di dunia. Dengan panjang maksimal sekitar 65 kaki dan berat 75.000 pon, seekor ikan hiu ukuran seukuran ikan paus besar.

2. Cara Hiu Paus Makan Beberapa Planton di Samudera

Meskipun mereka sangat besar, hiu paus makan pada plankton kecil, ikan kecil, dan krustasea. Mereka makan dengan menelan suapan air dan memaksa air itu melalui insangnya. Prey terjebak dalam denticles dermal dan struktur seperti rake yang disebut pharynx. Makhluk menakjubkan ini bisa menyaring lebih dari 1.500 galon air per jam.

3. Hiu Paus adalah Ikan Cartilaginous

Hiu paus, dan elasmobranch lainnya seperti sepatu roda dan sinar, adalah ikan kartilago. Alih-alih memiliki kerangka yang terbuat dari tulang, mereka memiliki kerangka yang terbuat dari tulang rawan, jaringan yang keras dan fleksibel. Karena tulang rawan tidak melestarikan dan juga tulang, sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang hiu awal berasal dari gigi, bukan tulang fosil.

4. Hiu paus wanita lebih besar dari pada jantan

Paus hiu betina biasanya lebih besar dari jantan. Hal ini berlaku untuk kebanyakan hiu lain, dan untuk paus baleen, jenis hewan lain yang besar tapi memakan organisme kecil.

Bagaimana seseorang bisa membedakan hiu paus jantan dan betina? Seperti jenis hiu lainnya, jantan memiliki sepasang pelengkap yang disebut claspers yang digunakan untuk menangkap betina dan mentransfer sperma saat kawin. Betina tidak memiliki gumpalan.

Baca Pengetahuan Terkait   Jenis Telur Burung dari Terkecil hingga Terbesar di Dunia

5. Hiu Paus Ditemukan di Perairan Hangat di Seluruh Dunia

Hiu paus adalah spesies yang tersebar luas – mereka ditemukan di perairan yang lebih hangat namun di beberapa samudera – Atlantik, Pasifik, dan India.

6. Hiu paus dapat dipelajari dengan mengidentifikasi individu

Hiu paus memiliki pola pewarnaan yang indah, dengan warna abu-abu kebiru-biruan hingga coklat kembali, dan bagian bawah putih. Ini adalah contoh penghitungan ulang dan bisa digunakan untuk kamuflase. Mereka juga memiliki striping vertikal dan horizontal ringan di sisi dan punggung mereka, dengan bintik-bintik putih atau berwarna krem. Ini juga bisa digunakan untuk kamuflase. Setiap hiu paus memiliki pola bintik dan garis yang unik, yang memungkinkan para periset untuk menggunakan identifikasi foto untuk mempelajarinya. Dengan memotret hiu paus (serupa dengan cara paus diteliti), ilmuwan dapat mengelompokkan individu berdasarkan pola mereka dan mencocokkan penampakan hiu paus berikutnya ke katalog.

7. Hiu Paus Ber Migrasi

Pergerakan hiu paus kurang dipahami sampai sekitar 10 tahun yang lalu ketika perkembangan teknologi penandaan memungkinkan ilmuwan menandai ikan hiu paus dan mengamati migrasi mereka.

Kita tahu sekarang bahwa hiu paus mampu melakukan migrasi ribuan mil panjang – satu hiu yang ditandai menempuh jarak 8.000 mil selama 37 bulan (lihat lebih banyak tentang penandaan penelitian di situs Daftar Merah IUCN.) Meksiko tampaknya menjadi tempat yang populer untuk hiu – Pada tahun 2009, “segerombolan” lebih dari 400 hiu paus terlihat dari Semenanjung Yucatan di Meksiko.

8. Anda Bisa Berenang Dengan Hiu Paus

Karena sifatnya yang lembut, kunjungan yang melibatkan berenang, snorkeling dan menyelam dengan hiu paus telah berkembang di beberapa daerah seperti Meksiko, Australia, Honduras, dan Filipina.

Baca Pengetahuan Terkait   4 Ciri Utama Anakan Ikan Louhan Kualitas Terbaik

9. Hiu Paus Bisa Hidup Lebih dari 100 Tahun

Masih banyak yang harus dipelajari tentang siklus hidup hiu paus. Inilah yang kita tahu. Hiu paus bersifat ovovivipar – betina bertelur, tapi tumbuh di dalam tubuhnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hiu paus memiliki beberapa makanan dari satu kawin. Anak anjing hiu paus panjangnya sekitar 2 kaki saat lahir. Para ilmuwan tidak yakin berapa lama hiu paus hidup, namun berdasarkan ukurannya yang besar dan umur mereka pada reproduksi pertama (sekitar 30 tahun untuk laki-laki) diperkirakan bahwa hiu le bisa hidup minimal 100-150 tahun.

10. Populasi Hiu Paus Rentan

Hiu paus terdaftar sebagai rentan pada Daftar Merah IUCN. Masih diburu di beberapa daerah, dan siripnya bisa berharga dalam perdagangan sirip hiu. Karena mereka lambat tumbuh dan bereproduksi, populasi mungkin tidak cepat pulih jika spesies ini terlalu banyak.

Ukuran Hiu Paus

10 Fakta Menarik Mengenai Hiu Paus
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini